telkomsel halo

Schneider Electric segarkan EcoStruxture Triconex Safety View

08:35:58 | 26 Jun 2021
Schneider Electric segarkan EcoStruxture Triconex Safety View
JAKARTA (IndoTelko) – Schneider Electric merilis versi terbaru dan disempurnakan dari EcoStruxure Triconex Safety View. Menjadikannya perangkat lunak manajemen alarm dan bypass pertama yang memperoleh sertifikasi ganda untuk keselamatan dan cybersecurity di industri.

Sistem keselamatan dalam proses industri dirancang untuk membantu mencegah terjadinya kondisi operasional yang berbahaya, serta menjadikan area pabrik sebagai tempat yang cukup aman, contohnya dengan melakukan tindakan penghentian kegiatan, ketika kondisi di lapangan dalam keadaan berisiko. Sistem keselamatan ini harus selalu dalam keadaan aktif mengingat perannya yang sangat kritikal dalam melindungi orang, aset, kegiatan produksi, dan lingkungan.

Dalam kegiatan operasional, ada kemungkinan dimana terjadi suatu kondisi di mana bypass perlu diterapkan atau alarm tanda bahaya perlu ditekan. Hal ini tentunya secara langsung berhubungan dengan tingkat risiko operasional dan keselamatan pabrik yang mencakup keselamatan staff, kegiatan produksi, dan dampak terhadap profit perusahaan.

Dalam kondisi berisiko tinggi seperti ini, kepala operasional perlu mengetahui proses bypass apa yang telah dilakukan, mengelola risiko, memperoleh visibilitas terhadap situasi kritis dan tanda alarm yang akan memengaruhi produksi dan profitabilitas. EcoStruxure Triconex Safety View memungkinkan kepala operasional dan operator mengetahui status bypass yang berdampak pada tingkat pengurangan risiko, serta status alarm yang diperlukan untuk mengoperasikan pabrik dengan aman saat terjadi risiko tinggi. Perangkat lunak ini juga telah memperoleh sertifikasi TÜV Rheinland sebagai Security Level 1 (SL1) sesuai dengan IEC 62443-4-2, dan Systematic Capability 3 (SC3) sesuai dengan IEC 61508 untuk digunakan dalam aplikasi terkait keselamatan hingga Tingkat Safety Integrity Level 3 (SIL3). Hal ini berarti bahwa EcoStruxure Triconex Safety View telah memenuhi persyaratan ketat untuk keselamatan, keamanan siber, pengurangan risiko dan operasional berkelanjutan untuk sektor minyak dan gas, penyulingan, petrokimia, listrik, dan industri berisiko tinggi lainnya. 

Manajemen bypass yang lebih baik, yang disediakan oleh EcoStruxure Triconex Safety View, dapat membantu perusahaan mengelola risiko keselamatan dengan lebih baik, termasuk risiko yang mengancam kinerja operasional. Hal ini akan berkontribusi pada kinerja bisnis yang lebih baik secara keseluruhan, termasuk produktivitas yang lebih baik, profitabilitas yang lebih baik, dan keberlanjutan yang lebih baik.

“Customer kami berada di bawah tekanan yang meningkat untuk memangkas biaya, mendorong profitabilitas, dan memenuhi target keberlanjutan. Untuk mencapai tujuan ini, serta untuk meningkatkan produktivitas operasional dan pengambilan keputusan bisnis yang tepat sasaran, mereka telah memanfaatakan berbagai teknologi digital dan strategi operasional lainnya dalam rangka meningkatkan produktivitas, efisiensi, keandalan, dan keamanan aset dan operasional mereka. Namun terlepas dari kemana arah strategi bisnis mereka, dan di mana pun mereka berada dalam transformasi digital mereka, keamanan operasional tidak boleh dikompromikan. EcoStruxure Triconex Safety View memberikan visibilitas secara real-time terhadap kondisi pabrik dan mengelola risiko terhadap staf, produksi, dan keuntungan mereka dengan lebih baik dan lebih cepat. EcoStruxure Triconex Safety View dapat membantu mendorong kinerja keselamatan dengan lebih unggul, yang akan membantu perusahaan dalam mencapai profitabilitas dan keberlanjutan bisnis yang lebih baik dalam jangka panjang,” kata Country Leader Process Automation Schneider Electric Indonesia Amar Hamadou.   

EcoStruxure Triconex Safety View terbukti meningkatkan waktu kerja (uptime) sekaligus membantu mengurangi biaya operasional, pemeliharaan, dan teknik. EcoStruxure memberikan peningkatan yang terukur pada profitabilitas operasional, serta ROI (Return of Investment) yang lebih cepat dan total biaya kepemilikan (TCO) yang lebih baik.

Memberdayakan operator ruang kontrol untuk membuat keputusan terbaik sangat penting untuk menjalankan kegiatan operasional yang aman. EcoStruxure Triconex Safety View memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan mengurangi tidak hanya risiko yang telah diketahui akan membahayakan keselamatan operasional, tetapi juga untuk mengidentifikasi, mengurangi, dan menghindari risiko lainnya di masa depan.

Dengan kemampuan digital yang ditingkatkan, termasuk kemampuannya untuk mengekstrak dan membuat tekstualisasi data operasional secara real-time, EcoStruxure Triconex Safety View memberikan tampilan real-time yang lebih baik terkait potensi risiko dengan sistem start-up, shutdown dan transisi proses penting lainnya. Dengan menyediakan data yang akurat bagi operator, teknisi, dan personel pabrik, mereka akan dapat dengan cepat dan efisien mengambil tindakan untuk mengembalikan pabrik ke kondisi pengoperasian yang aman.

“Teknologi digital IIoT yang sedang berkembang saat ini, seperti Triconex Safety View, memberikan peluang baru bagi perusahaan untuk memberdayakan operasional dan pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik sambil memfasilitasi cara kerja baru. Sebagai produk yang diverifikasi secara independen dan bersertifikasi ganda, EcoStruxure Triconex Safety View mengurangi beban teknis untuk memastikan solusi bypass cocok untuk digunakan dalam aplikasi terkait keselamatan di mana keamanan siber adalah wajib. Ini adalah solusi ideal karena memungkinkan pendekatan yang konsisten untuk melewati manajemen di beberapa lokasi; membutuhkan lebih sedikit upaya rekayasa saat memodifikasi atau melakukan pembaruan; dan dengan biaya pemeliharaan keseluruhan yang lebih rendah," katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year