Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Pemprov DKI dan JXB gaet Shopee bikin UMKM naik kelas

09:49:32 | 19 Jun 2021
Pemprov DKI dan JXB gaet Shopee bikin UMKM naik kelas
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Jakarta Experience Board dan Shopee Indonesia berkolaborasi dalam Jakpreneur Festival (Jakpreneur Fest) 2021 Bangkit Bersama Shopee.

Melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta, Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee, akan menjadi bagian dalam rangkaian HUT 494 Tahun Jakarta yang mengusung tema Jakarta Bangkit.

Rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021, diisi dengan ragam kegiatan diantaranya Pameran Insidental di Mbloc dan Terowongan Kendal, Kompetisi Bisnis, Kelas Super, Kelas Personal, Pasar Jakpreneur hingga Malam Apresiasi. Sesuai dengan tema yang diangkat, kolaborasi ini memberikan kesempatan kepada UMKM serta menstimulasi daya beli masyarakat lewat berbagai inovasi, kolaborasi, dan program. Para anggota Jakpreneur dan UMKM yang ada di Jakarta diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, membangun jejaring, akses pemasaran, peluang untuk ekspor dan pemberian apresiasi bagi UMKM.

Jakpreneur merupakan gagasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai program pengembangan wirausaha terpadu. “Melalui Jakpreneur, setiap UMKM didampingi sesuai dengan fasenya masing-masing. Kami menekankan aspek kolaborasi dengan melibatkan pihak lain sebagai partner dalam program-program Jakpreneur,” jelas Anies saat peluncuran Jakpreneur pada Februari 2020 lalu.

Paket Semangat Kemerdekaan
“UMKM menjadi harapan dan tumpuan untuk menggerakkan roda perekonomian yang sedang stagnan karena dampak pandemi, sehingga diperlukan dukungan dari pemerintah, BUMD dan pihak swasta untuk meningkatkan kapabilitas UMKM yang ada, demi mendongkrak perekonomian daerah, maupun nasional. Kami menyambut baik partisipasi Shopee dalam mengambil andil untuk membawa UMKM Jakarta naik kelas,” ujar Plt. Kepala Dinas PPKUKM, Andri Yansyah, dalam sambutan konferensi pers di Balaikota pada (18/6).

Direktur Utama Jakarta Experience Board, Novita Dewi, memaparkan berbagai program yang termasuk dalam rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021. “Semua rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bisnis dan pengembangan UMKM, meningkatkan transaksi penjualan produk, serta mendorong peningkatan keterampilan kewirausahaan yang saat ini sangat dibutuhkan, terutama di masa pandemi ketika situasi menjadi serba sulit. Kami berharap, dukungan dari Shopee untuk meningkatkan eksposur, pendampingan, peluang untuk ekspor hingga kompetisi bisnis dapat membantu percepatan bangkitnya UMKM, terutama yang berdomilisi di ibu kota,” tambahnya.

Demi mendorong kenaikan transaksi UMKM, Jakpreneur Fest pun menggelar Pasar Jakpreneur di Shopee pada 21 hingga 30 Juni 2021.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year