telkomsel halo

Mantap! Kinerja Telin melesat

11:46:00 | 26 May 2021
Mantap! Kinerja Telin melesat
Sukardi Silalahi
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang menjalankan bisnis telekomunikasi di luar negri (global business arm) selalu berkomitmen agar dapat selalu memberikan manfaat bagi Indonesia dan dunia. Melalui komitmen tersebut, Telin melihat bahwa performansi Perusahaan yang baik akan memberikan pengaruh langsung bagi bangsa Indonesia yaitu devisa negara. 

Di tengah pandemi COVID-19, teknologi digital telah memasuki seluruh aspek kehidupan masyarakat yang semakin dimudahkan dan akselerasi teknologi digital berlangsung cepat. Menyikapi hal tersebut, Telin memanfaatkan momentum ini untuk mengakselarasi kemajuan ekosistem digital melalui keragaman inovasi yang ditawarkan tidak hanya kepada end user namun juga digital enterprise. Hal tersebut telah membuka peluang sinergi dan akselarasi digital untuk memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan. 

Di tengah segala tantangan ekonomi dan pandemi COVID-19 yang berdampak di berbagai industri, Telin berhasil mencatatkan kinerja yang solid di tahun 2020, di mana pendapatan usaha Telin mencapai Rp9,62 triliun, tumbuh 28% dari Rp7,51 triliun pada tahun sebelumnya. Peningkatan ini terutama didorong oleh pertumbuhan pendapatan bisnis digital, jasa voice, serta jasa jaringan data.

Selanjutnya, Telin membukukan pertumbuhan laba tahun berjalan sebesar 346% menjadi Rp834,44 miliar pada tahun 2020 dari Rp187,03 miliar pada tahun 2019. Kenaikan ini seiring dengan tumbuhnya pendapatan Telin tahun 2020 dan merupakan capaian terbesar dalam perjalanan bisnis Telin.  
  
"Pertumbuhan ini Telin peroleh dari pertumbuhan Net Income yang signifikan dari bisnis digital retail, data center, enterprise, data digital connectivity, dan wholesale international digital business. Pencapaian kinerja Telin dari bisnis internasional diantaranya meliputi layanan Data Center di Singapura dan Hong Kong, digital retail di HK, Taiwan, Malaysia, dan Timor Leste, serta data dari international digital connectivity yang berkembang pesat saat ini," kata CEO Telin Sukardi Silalahi. 

“Di tengah kondisi pandemi COVID-19, kami menangkap peluang tingginya demand penggunaan bandwidth dari US, Eropa, Asia ke Indonesia dan sebaiknya yg di sebabkan oleh meningkatnya pemanfaatan teknologi digital terkait dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menjadikan aktivitas bekerja dan sekolah beralih ke rumah (Work From Home dan School From Home) serta penggunaan e-commerce yang tinggi. Kondisi tersebut membangun digital ekosistem yang secara langsung atau tidak langsung sudah dan akan menjadi kebiasaan digital lifestyle yang akan memengaruhi pola kehidupan interaksi antar manusia,” tutup Sukardi.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year