telkomsel halo

Ini susunan lengkap pengurus MASTEL 2021-2024

10:15:40 | 09 May 2021
Ini susunan lengkap pengurus MASTEL 2021-2024
JAKARTA (IndoTelko) - Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) resmi mengangkat Sarwoto Atmosutarno sebagai Ketua Umum organisasi dalam Musyawarah Nasional X Mastel pada 8 April 2021 untuk masa bakti 2021-2024.

Mantan Direktur Utama Telkomsel ini pun menggelar rapat perdana dan sekaligus mengukuhkan Anggota Dewan Pengurus Harian (DPH) dan Anggota Komite Kerja Mastel serta Anggota Dewan Profesi dan Asosiasi (DPA) 2021-2024 secara virtual pada 6-7 Mei 2021.

“Peran institusional dan fungsional Mastel yang diamanatkan secara konstitusional sangat relevan dan strategis saat ini. Telematika telah menjadi ‘ enabler of living ’ dalam peradaban digital”, sudah merasuk ke kehidupan sehari-hari di segala bidang," kata Sarwoto.

Sarwoto memberikan penekanan bahwa Mastel memastikan untuk berkontribusi terbentuknya kesehatan, kemandirian, kedaulatan dan keberlanjutan dari ekosistem serta industri telematika di Indonesia.

Dijelaskannya, telematika adalah istilah untuk konvergensi telekomunikasi dan informatika, teknologi dan layanan telematika yang berbasis perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kesiapan kontribusi Mastel terinstitusionalisasi dalam Bidang Program Kerja Utama yaitu Pertama, Bidang Teknologi-Bisnis-Regulasi; Kedua, Bidang Sinergi Kementerian/Lembaga dan Pelaku Usaha Industri; dan Ketiga, Bidang Penguatan Organisasi, ungkap Sarwoto.

Bidang Program Kerja Utama dimaksud dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Harian (DPH) dan Anggota Komite Kerja Mastel.

DPH Mastel 2021-2024, sesuai kebutuhan terdiri dari 9 bidang kerja ‘Nawa Kerja Telematika’ yaitu Industri dan Kemandirian IOT-AI-Big Data (TRIOTA); Perangkat Nasional (RANGKATNAS); Aplikasi/Platform Nasional (PLATFORMATIKA); E-Commerce dan Marketplace berbasis TIK Nasional (MARTIKOM); Blockchain dan Inklusi Fintech Nasional (FINTECH); Penyiaran (DIGIBROADCAST); Keamanan dan Ketahanan Siber Nasional (CYBERSEC); Infrastruktur Telematika Nasional (INFRATELNAS); dan Pengembangan Digital Culture dan Talent Nasional (DIGITALENT).

DPH Mastel membentuk juga triple centers of excellence sebagai luaran kolaboratif dan inovatif untuk ekosistem dan industri telematika di Indonesia yaitu Bidang Teletopic Tracking (Program Prioritas, Trending Topic, Index Strategis Telematika); Bidang Rekumtel (Regulasi, Hukum, Kebijakan telematika); dan Monitoring Data Base. Efektivitas dan kualitas keluaran Mastel diolah oleh DPH dengan dibantu oleh DPA yang memberi masukan dan rekomendasi strategis atas tantangan yang dihadapi pemangku kepentingan (industri, pemerintah, konsumen dan regulator).

DPA terdiri dari para pakar, praktisi 29 Asosiasi yang tergabung dalam Mastel dan akademisi yang telah teruji dan berpengalaman di bidang TIK.

Sarwoto berharap, dengan terbentuknya DPH, DPA dan Dewan Pengawas Mastel, bisa segera bekerja dengan penuh semangat untuk berkolaborasi dan berkontribusi positif untuk menjalankan visi Mastel sebagai Living Enabler (fasilitator dan dinamisator yang hidup) sektor Telematika di tanah Air. Khususnya ikut mendorong Agenda Nasional yaitu program-program Transformasi Digital, Industri 4.0, dan percepatan pemulihan ekonomi karena dampak pandemi Covid-19.(ak)

Susunan Pengurus Mastel 2021-2024
1. Sekretariat Jenderal:
1. C. Mirza Taufik, Sekretaris Jenderal
2. Danrivanto Budhijanto, Wasekjen
3. Astri Megatari, Deputi Sekjen

2. Bendahara:
1. Andi Agus Akbar, Bendahara
2. D. Daniswara Pandina, Wakil Bendahara

3. Bidang TELETOPIC:
1. Nonot Harsono, Ketua
2. Risagati, Wakil Ketua I
3. Hatta Perdana, Wakil Ketua II

4. Bidang REKUMTEL:
1. Johny Siswadi, Ketua
2. August B. Hulu, Wakil Ketua I
3. Martius, Wakil Ketua II

5. Bidang TRIOTA (Industri dan Kemandirian IOT, AI dan Big Data):
1. Teguh Prasetya, Ketua
2. Asto Subroto, Wakil Ketua I
3. Hazim Ahmadi, Wakil Ketua II

6. Bidang RANGKATNAS:
1. Yovita Bellina, Ketua
2. Tommy Singgih, Wakil Ketua I
3. Aditya, Wakil Ketua II

7. Bidang PLATFORMATIKA:
1. Djarot Subiantoro, Ketua
2. Widi Amanasto, Wakil Ketua I
3. Ashari Abidin, Wakil Ketua II

8. Bidang MARTIKOM:
1. Khaerul Hidayat Tanjung, Ketua
2. Cut Noosy Keumalafajri, Wakil Ketua I
3. Even Alex Chandra, Wakil Ketua II

9. Bidang FINTECH:
1. Rahmat Budiyanto, Wakil Ketua I
2. Roger Pardede, Wakil Ketua II

10. Bidang DIGIBROADCAST:
1. Neil Ricardo Tobing, Ketua
2. Immanuel Partogi Matondang, Wakil Ketua I
3. Rahmat Akbari, Wakil Ketua II

11. Bidang CYBERSEC:
1. Rusdi Rachim, Ketua
2. Yohan Suryanto, Wakil Ketua I
3. Tintin, Wakil Ketua II

12. Bidang INDRATELNAS:
1. Sigit Puspito Wigati Jarot, Ketua
2. Bambang Priantono, Wakil Ketua I
3. Didi Muharwoko, Wakil Ketua II

13. Bidang DIGITALENT:
1. Ashwin Sasongko Sastrosubroto, Ketua
2. Edi Warsito, Wakil Ketua I
3. Gerry Firmansyah, Wakil Ketua II

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year