telkomsel halo

Sony Indonesia luncurkan FX3

04:04:00 | 01 May 2021
Sony Indonesia luncurkan FX3
JAKARTA (IndoTelko) - Akhirnya Sony Indonesia resmi meluncurkan kamera FX3 (model ILME-FX3).  Kamera paling ringan dan ringkas dari rangkaian Cinema Line ini memiliki sederet fitur dan teknologi luar biasa dengan sistem pengoperasian terbaru. Kamera FX3 memberikan pengalaman sinematik menakjubkan dan sangat cocok digunakan oleh para videografer muda yang menekuni genre dokumenter, musik dan komersial.

Dalam peluncurannya kemarin (30/4), President Director PT Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama,  mengatakan, industri perfilman kini semakin berkembang, begitu juga dengan kebutuhan para kreator untuk menghasilkan karya. “Melihat kebutuhan dan perkembangan tersebut, kami berupaya untuk terus mendukung industri perfilman dunia dengan menghadirkan perangkat dengan teknologi terdepan melalui spesifikasi tingkat tinggi yang kami hadirkan dalam kamera full-frame FX3. Kami tidak sabar melihat para kreator bereksplorasi mewujudkan imajinasi visual mereka dan menghasilkan karya yang luar biasa,” jelasnya.

Pabrikan sony membandrol kamera ini seharga Rp59.999.000, dan akan tersedia di Tanah Air pada Juni mendatang. Pembelian secara pre-order telah dapat dilakukan mulai tanggal 30 April - 30 Mei 2021 di seluruh Sony Authorized Dealer. Untuk pembelian dalam masa pre-order, konsumen akan mendapatkan paket spesial senilai hingga Rp8.800.000 berupa satu buah kartu memori 160GB CFexpress Type-A dan dua buah baterai NP-FZ100. Penawaran ini tersedia dalam jumlah yang terbatas.

Kamera Full Frame FX3 dibekali fitur-fitur mutakhir sebagai berikut :

    Sensor CMOS Exmor R™ back-illuminated full-frame dengan 10.2 megapiksel dan mesin pengolahan gambar BIONZ XR™
    Sensitivitas sangat tinggi dengan ISO yang dapat ditingkatkan hingga 409.600 untuk kondisi pencahayaan yang sangat sulit dan 15+ stop dynamic range
    Profil tampilan S-Cinetone™ terinspirasi dari colour science kamera sinema digital VENICE yang juga digunakan pada kamera Cinema Line FX9 dan FX6, serta merekam hingga 4K 120p
    Desain bodi yang ringkas dan ringan dengan pengoperasian tinggi untuk pengambilan gambar dengan handheld, gimbal dan pemasangan pada drone
    Bodi yang dilengkapi multi-thread (1/4-20 UNC) memudahkan untuk pemasangan aksesori
    Unit pegangan XLR yang dapat dilepas dan dilengkapi dengan dua input audio XLR/TRS
    “Mode Aktif” stabilisasi gambar mendukung perekaman film secara handheld
    Fast Hybrid Auto Focus, Touch Tracking (pelacakan real-time) dan Real-time Eye AF juga digunakan di kamera Alpha™ lainnya
    Perekaman 4K 60p tanpa gangguan (Lanjutan) karena didukung pembuangan panas yang efektif dan kipas pendingin internal

Satu lagi yang perlu diketahui, sebagai tambahan terbaru dari Cinema Line Sony, FX3 menghadirkan tampilan sinematik dan pengoperasian serta keandalan profesional dalam satu perangkat yang menjawab kebutuhan para kreator muda yang mencari cara baru untuk mengekspresikan visi kreatif mereka. Model terbaru ini memberikan kualitas gambar dan kegunaan menakjubkan untuk pengambilan gambar berskala kecil dan sendiri.

Kamera FX3 menawarkan performa fokus kelas atas, stabilisasi gambar optik, didesain untuk perekaman secara handheld dan pembuangan panas yang terdepan untuk waktu perekaman yang lebih lama. Semua ini dibalut dalam bodi yang ringkas dan ringan, memberikan performa serta mobilitas untuk memenuhi permintaan para kreator konten yang saat ini terus meningkat.

Seri ini memiliki teknologi sensor gambar dari Sony yang terkemuka di industri untuk mencapai pemrosesan berkecepatan tinggi dan kualitas gambar yang luar biasa. Sensor CMOS Exmor R™ back-illuminated full-frame dengan 10.2 megapiksel (perkiraan efektif) diperhitungkan untuk perekaman film (dan 12.1 megapiksel efektif untuk still) dan mesin pengolahan gambar BIONZ XR bekerja sama untuk memastikan sensitivitas tinggi dengan noise rendah. Rentang ISO standar dari kamera ini adalah 80 hingga 102.400 dan dynamic range-nya sangat lebar, yaitu 15+ stop.

FX3 memungkinkan para kreator untuk membuat film dengan perekaman 4K hingga 120 frame per detik3. Pencitraan slow-motion yang sangat halus (hingga 5x) pada resolusi QFHD (3840 x 2160) dengan autofokus memberikan kemampuan ekspresif baru pada kamera ini.

Kamera ini didesain untuk mobilitas dan efisiensi, bodi kamera FX3 memiliki 5 thread hole (1/4-20 UNC) untuk memasang aksesori yang kompatibel dengan mudah, namun tetap terasa ringan untuk pengambilan gambar secara handheld, membuatnya mudah dibawa dan dipasang. Unit pegangan XLR yang sudah tersedia dapat terpasang dengan aman ke bodi kamera melalui Multi Interface Shoe tanpa memerlukan alat khusus juga telah dilengkapi dengan 3 thread hole tambahan untuk aksesoris: dua di bagian atas dan satu di bagian ujung. Monitor Eksternal, alat perekam, penerima mikrofon nirkabel, perlengkapan aksesori shoe (cold shoe plate), atau tambahan lainnya dapat terpasang dengan aman.

Seri FX3 juga menawarkan Fast Hybrid autofocus (AF) dengan menggunakan sistem focal plane phase-detection 627 titik selama perekaman film. Kamera ini semakin ditingkatkan dengan Touch Tracking (Real-time Tracking) di mana hanya dengan menyentuh subjek yang diinginkan pada layar monitor, fokus otomatis dan pelacakan pada subjek tersebut akan memulai. Fokus yang tepat dan halus dipertahankan dengan Real-time Eye AF - teknologi yang mengarahkan mata bahkan pada saat subjek melihat ke bawah atau ke atas pada sudut yang curam. Selain itu, sebagai respon dari masukan para pengguna profesional, fitur AF lainnya juga telah tersedia dan disempurnakan, termasuk AF Transition Speed, AF Subject Shift Sensitivity, kontrol intuitif dan dukungan AF saat pemfokusan manual. Fitur AF ini telah diimplementasikan di FX3 untuk memastikan pemfokusan yang stabil, fleksibel dan tepat pada situasi apapun, serta mudah digunakan untuk pengambilan gambar tunggal.

Dibekali 5-axis optical in-body image stabilization - sangat efektif untuk pengambilan gambar secara handheld. Unit stabilisasi dengan ketepatan tinggi dan sensor gyro memungkinkan untuk menyediakan Mode Aktifyang didedikasikan untuk pembuatan film dalam setiap format, termasuk 4K. Stabilisasi gambar dalam bodi artinya stabilisasi efektif dapat tercapai dengan berbagai lensa, termasuk lensa E-mount yang tidak memiliki stabilisasi sendiri. Lebih lagi, kamera FX3 merekam metadata stabilisasi gambar yang dilakukan dengan penyesuaian lebih mudah saat pasca-produksi menggunakan Catalyst Browse/Prepare.

Kamera FX3 menawarkan slot media yang cepat dan berorientasi masa depan dengan dua kartu CFexpress Type A, sehingga memberi kebebasan pengambilan gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Data yang sama dapat direkam secara bersamaan pada kedua kartu untuk cadangan dan mode “relay” dapat secara otomatis mengalihkan perekaman ke kartu media kedua pada saat kartu media pertama penuh.

Seri ini juga telah dikembangkan dengan fitur konektivitas canggih untuk lebih membantu para kreator profesional dengan fungsionalitas LAN nirkabel berkecepatan tinggi (band 2.4 GHz atau 5 GHz) dan koneksi kabel LAN melalui adaptor USB-ke-Ethernet yang kompatibel. FX3 ini juga mendukung pengambilan gambar jarak jauh dari PC dengan aplikasi Imaging Edge Desktop™ “Remote” melalui Wi-Fi, atau koneksi Superspeed USB 5Gbps melalui terminal USB Type-C. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year