telkomsel halo

Cara Instagram amankan pengguna muda

10:23:09 | 20 Mar 2021
Cara Instagram amankan pengguna muda
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Menjaga keamanan pengguna muda merupakan hal yang sangat penting bagi Instagram.

Sebagai bagian dari upaya perusahaan dalam menjaga keamanan para pengguna muda, Instagram mengumumkan serangkaian fitur dan sumber daya baru yang baru-baru ini diluncurkan di layanannya.

Instagram juga menyediakan sebuah pembaruan pada cara kerja layanannya dalam memahami usia pengguna untuk membantu menjaga pengguna, khususnya pengguna berusia muda, agar tetap aman. Lebih dari itu, Instagram memiliki tim khusus yang fokus terhadap keamanan pengguna muda, dan terus bekerja secara dekat dengan para ahli untuk memberikan masukan terhadap fitur-fitur yang tengah dikembangkan.

Instagram ingin memberdayakan para orang tua dengan berbagai informasi yang bisa membantu mereka menjaga anak remaja tetap aman dan memiliki pengalaman yang positif di layanannya.

Di Amerika Serikat, Instagram berkolaborasi dengan The Child Mind Institute and ConnectSafely untuk mempublikasikan Panduan Instagram untuk Orang Tua versi terbaru. Panduan ini berisi seputar fitur-fitur keamanan dan pengaturan privasi terbaru, serta tips dan beberapa inspirasi pertanyaan untuk membantu orang tua membuka percakapan dengan anak remaja seputar pengalaman online mereka.

Panduan Instagram untuk Orang Tua versi terbaru ini juga telah diluncurkan bersama dengan beberapa mitra ahli di beberapa negara lain, termasuk Argentina, Brasil, India, Indonesia, Jepang, Meksiko dan Singapura. Instagram akan terus meluncurkan panduan versi terbaru ini ke lebih banyak negara dalam waktu dekat. Panduan versi terbaru ini sekaligus melengkapi Panduan Instagram untuk Orang Tua yang saat ini telah tersedia untuk membantu para orang tua di Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol; dan kami kembangkan bersama para ahli di negara masing-masing.

“Instagram memberikan kesempatan bagi para pengguna muda untuk memperkuat koneksi, melatih keterampilan sosial, dan menemukan komunitas-komunitas yang mendukung mereka. Untuk itu, penting bagi para anak remaja dan orang tua untuk memiliki informasi seputar cara mengelola waktu mereka secara bijaksana agar tetap aman dan memiliki pengalaman yang positif di Instagram. Versi terbaru Panduan Instagram untuk Orang Tua yang telah kita kerjakan bersama ini dapat membantu hal tersebut, karena berisi informasi seputar apa yang harus diketahui oleh para orang tua agar dapat mendukung anak remaja mereka dalam berselancar di media sosial,” kata Clinical Psychologist, Child Mind Institute Dr. Dave Anderson.

Instagram memiliki kebijakan hanya memperbolehkan pengguna berusia minimal 13 tahun untuk berada di layanannya. Oleh karena itu, Instagram kini menanyakan usia pengguna saat mereka membuat sebuah akun baru. Meskipun sebagian besar pengguna telah jujur dalam mengisi usia mereka, Instagram memahami bahwa ada sebagian pengguna muda yang tidak memasukkan tanggal lahir mereka yang sebenarnya.

Instagram telah berupaya untuk mencegah hal tersebut, tetapi memverifikasi usia pengguna secara online merupakan hal yang kompleks dan menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri ini. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Instagram mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) dan mesin pembelajaran (machine learning) untuk membantu menjaga para remaja tetap aman dan menerapkan fitur-fitur baru yang sesuai dengan usia mereka, seperti yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Untuk melindungi anak-anak remaja terhadap interaksi yang tidak diinginkan dari orang dewasa, Instagram memperkenalkan sebuah fitur baru yang mencegah orang dewasa untuk mengirimkan pesan kepada pengguna berusia dibawah 18 tahun yang bukan pengikut mereka.

Sebagai contoh, ketika seorang dewasa mencoba mengirimkan pesan ke anak remaja yang bukan pengikut  mereka, orang dewasa tersebut akan menerima sebuah notifikasi bahwa mereka tidak dapat mengirimkan Direct Messages ke anak remaja tersebut. Fitur ini bergantung pada kinerja Instagram dalam memprediksi usia pengguna berdasarkan teknologi mesin pembelajaran dan usia yang dimasukkan pengguna saat mendaftar. Selagi Instagram beralih ke teknologi enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption), perusahaan juga tengah mengembangkan fitur-fitur untuk menjaga privasi dan melindungi pengguna tanpa mengakses isi pesan dalam Direct Messages.

“Sebagian besar layanan media sosial di seluruh dunia mengharuskan penggunanya untuk berusia minimal 13 tahun, namun kerumitan proses verifikasi usia tetap menjadi suatu tantangan yang telah ada sejak lama. Itulah mengapa kami merasa senang melihat Instagram berinvestasi dalam teknologi inovatif yang dapat dan akan menciptakan lingkungan online yang lebih aman bagi para pengguna remajanya. Lebih lanjut, Instagram juga menjaga para pengguna mudanya melalui ragam fitur yang memungkinkan mereka mengatur pengalaman online mereka sendiri, seperti memanfaatkan mesin pembelajaran untuk menandai interaksi yang tidak pantas, meningkatkan fitur privasi bagi anak remaja, serta mengirimkan informasi keamanan secara realtime kepada para pengguna muda melalui Direct Messages,” ungkap Co-Founder / Co-CEO, PROJECT ROCKIT Lucy Thomas.

Selain mencegah percakapan antara orang dewasa dan anak remaja yang tidak mengikuti satu sama lain, Instagram akan mulai menampilkan notifikasi keamanan melalui Direct Messages untuk mendorong para remaja agar lebih berhati-hati saat berinteraksi dengan orang dewasa yang sudah terhubung dengan mereka.

Notifikasi keamanan melalui Direct Messages tersebut akan menginformasikan para pengguna muda ketika ada orang dewasa yang telah menunjukkan perilaku mencurigakan ingin berinteraksi dengan mereka melalui Direct Messages.

Misalnya, jika orang dewasa tersebut mengirimkan banyak permintaan teman atau pesan kepada pengguna-pengguna di bawah 18 tahun, Instagram akan menggunakan fitur tersebut untuk memperingatkan penerima Direct Messages dan memberi mereka opsi untuk mengakhiri percakapan, memblokir, melaporkan, atau membatasi orang dewasa tersebut. Fitur ini akan mulai tersedia di beberapa negara pada bulan ini, dan Instagram berharap dapat segera menyediakannya bagi seluruh pengguna.

Dalam beberapa minggu mendatang, Instagram akan mulai mencari cara dalam mempersulit orang dewasa yang telah menunjukkan perilaku mencurigakan untuk berinteraksi dengan para anak remaja. Beberapa cara tersebut meliputi membatasi orang dewasa dalam melihat akun anak remaja di 'Suggested Users', mencegah mereka menemukan konten anak remaja di Reels atau Explore, dan secara otomatis menyembunyikan komentar mereka pada postingan publik yang diunggah oleh para anak remaja.

Paket Semangat Kemerdekaan
Akun privat memberikan lebih banyak perlindungan bagi para remaja karena mereka dapat memiliki kontrol lebih atas siapa saja yang dapat melihat dan berinteraksi dengan konten mereka. Instagram baru-baru ini menambahkan langkah baru untuk menawarkan opsi pengaturan akun publik atau privat apabila seseorang berusia di bawah 18 tahun mendaftar di Instagram. Tujuannya adalah untuk mendorong pengguna muda memilih akun privat setelah mereka mempelajari informasi lengkap terkait perbedaan antara pengaturan akun publik dan akun privat.

Instagram memahami bahwa para pengguna muda, seperti calon kreator atau atlet, menemukan lebih banyak keuntungan dari akun publik. Oleh karena itu, anak remaja tetap dapat memilih untuk menggunakan akun publik setelah mempelajari lebih lanjut terkait kedua opsi yang ada. Apabila pengguna remaja tidak memilih opsi akun privat saat mendaftar, Instagram akan mengirimkan notifikasi yang berisi informasi seputar keunggulan akun privat dan mengingatkan mereka untuk memeriksa kembali pengaturan akun mereka.

Instagram memahami bahwa ini hanya merupakan langkah awal yang diterapkan. Kedepannya, Instagram juga akan terus mencari langkah-langkah lain yang dapat diterapkan untuk terus melindungi para pengguna muda di layanannya, termasuk pengaturan privasi tambahan. Instagram berharap dapat mengumumkan lebih banyak pembaruan dalam beberapa bulan mendatang.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year