Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Ada hubungan serangan SolarWinds dengan backdoor Kazuar?

10:35:16 | 17 Jan 2021
Ada hubungan serangan SolarWinds dengan backdoor Kazuar?
JAKARTA (IndoTelko) - FireEye, Microsoft, dan SolarWinds mengumumkan penemuan serangan rantai pasokan besar dan canggih. Mekanismenya dengan menyebarkan malware baru yang belum pernah dikenal sebelumnya, yaitu "Sunburst" yang digunakan untuk menyerang pelanggan TI Orion SolarWinds.

Pakar Kaspersky menemukan berbagai kemiripan kode tertentu antara Sunburst dan versi backdoors Kazuar - jenis malware yang menyediakan akses jarak jauh ke mesin korban. Temuan baru ini sekaligus mengembangkan wawasan yang dapat membantu para peneliti di masa depan dalam penyelidikan serangan tersebut.

Saat mempelajari backdoor Sunburst, para ahli Kaspersky menemukan sejumlah kemiripan fitur dengan Kazuar yang sudah teridentifikasi sebelumnya, backdoor yang ditulis menggunakan kerangka kerja .NET pertama kali dilaporkan oleh Palo Alto pada tahun 2017 dan digunakan dalam serangan spionase dunia maya di seluruh dunia. Berbagai kesamaan dalam kode menunjukkan adanya hubungan antara Kazuar dan Sunburst, meskipun sifatnya masih belum ditentukan.

Fitur yang tumpang tindih antara Sunburst dan Kazuar termasuk algoritma pembuatan UID korban, algoritma tidur dan penggunaan ekstensif dari hash FNV-1a. Menurut para ahli, fragmen kode ini tidak 100% identik, meskipun menunjukkan relasi yang erat, sifat dari Kazuar dan Sunburst sendiri masih belum sepenuhnya jelas.

Paket Semangat Kemerdekaan
Setelah malware Sunburst pertama kali digunakan, pada Februari 2020, Kazuar terus berevolusi dan varian 2020 selanjutnya bahkan lebih mirip dalam beberapa hal dengan Sunburst.

Selama periode evolusi Kazuar, para ahli mengamati perkembangan berkelanjutan, di mana beberapa fitur penting yang mirip dengan Sunburst, ditambahkan. Seiring kemiripan antara Kazuar dan Sunburst ini menonjol, mungkin ada banyak alasan keberadaan mereka, termasuk Sunburst yang dikembangkan oleh grup yang sama dengan Kazuar. Pengembang Sunburst menggunakan Kazuar sebagai titik inspirasi.

“Kesamaan yang teridentifikasi tidak serta merta mengungkapkan siapa yang berada di balik serangan SolarWinds, namun, ini memberikan lebih banyak wawasan yang dapat membantu para peneliti di masa depan dalam bergerak maju dalam penyelidikan terkait. Kami yakin bahwa penting bagi peneliti lain di seluruh dunia untuk menyelidiki kesamaan ini dan berusaha menemukan lebih banyak fakta tentang Kazuar dan asal Sunburst, perangkat lunak perusak yang digunakan dalam serangan SolarWinds. Jika berkaca dari pengalaman masa lalu, misalnya serangan WannaCry, di masa-masa awal, hanya terdapat sedikit fakta yang mengaitkan mereka dengan kelompok Lazarus. Namun seiring waktu, semakin banyak bukti bermunculan yang meyakinkan baik para peneliti dan orang lain untuk menemukan keterkaitan di antara mereka. Sehingga menjadi penting untuk terus melanjutkan Penelitian mengenai topik ini untuk menghubungkan segala titik-titik yang ada,” komentar Director of Kaspersky’s Global Research and Analysis (GReAT) Team Costin Raiu.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year