telkomsel halo

Belanja iklan digital naik selama pandemi

04:56:01 | 12 Jun 2020
Belanja iklan digital naik selama pandemi
JAKARTA (IndoTelko) – Data yang dihimpun elfo, intensitas dan interaksi audiens melalui layar gawai meningkat sejak pandemi dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kondisi ini diprediksi akan sama ketika memasuki era normal yang baru.

Berdasarkan pantauan elfo, belanja iklan digital meningkat tajam dalam beberapa minggu terakhir. Sebaliknya, belanja media konvensional terus mengalami penurunan selama masa pandemi. Hal ini sejalan dengan data Statista.

Belanja iklan digital di Indonesia baik melalui classifieds, video, social media, banner, hingga search advertising pada tahun 2020, setelah disesuaikan dengan dampak akibat Covid-19, diprediksi meningkat sebesar US$1,5 juta (sekitar Rp 21 miliar). Atau, naik 15,15% year on year (yoy) dibandingkan Maret tahun 2019 yang mencapai US$1,3 juta (sekitar Rp 18 miliar).

Di masa ini, bertransformasi ke arah digital marketing berbasis kolaborasi pun jadi jalan keluar yang paling efektif. Hal ini dikarenakan tidak semua pihak memiliki kompetensi yang sama di saat mereka harus beradaptasi dalam waktu yang cepat.

Seperti yang dirasakan oleh MRA Media. Di tengah keterbatasan aktivitas sosial dan imbauan jaga jarak fisik, tak ada lagi event yang diadakan secara off-line, semuanya beralih ke virtual. Kegiatan berbasis daring seperti talkshow dan konser bersama dengan brand lain atau pelaku hiburan menjadi pilihan terbaik.

Mereka lantas menggandeng elfo, perusahaan yang memiliki keahlian di bidang pemasaran digital, untuk menawarkan acara daring kepada klien. Melalui kolaborasi ini diharapkan mereka dapat melahirkan acara daring yang memiliki sensasi sama layaknya acara off-line. “Pada kondisi seperti seperti ini, memilih mitra terbaik dan tepat adalah kunci utama,” kata Head of Marketing Communication MRA Media Dedy Koswara.

Sementara perusahaan bioskop seperti CGV memilih aktif mengadakan gelar wicara melalui kanal Instagram di masa pandemi. Untuk menarik audiens, mereka mengundang influencer sebagai pembicara. “Kami tetap bisa mendapat pemasukan dar sponsor atau kemitraan dengan pihak ketiga,” ujar Head of Sales and Marketing CGV Manael Sudarman.

Sebagai perusahaan marketing teknologi yang menawarkan berbagai alat solusi dan layanan digital, elfo sudah menyiapkan beberapa layanan untuk membantu praktisi pemasaran di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. “Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara ini sudah menjadi concern kami,” kata Country Director elfo Indonesia Dynna Tresnasari.

elfo mewujudkan bentuk kesungguhan dan komitmen itu dengan meluncurkan berbagai produk berbasis digital dan teknologi. Antara lain, elfoA2P (platform komunikasi iklan SMS yang paling skalabel untuk menjangkau audiens), elfoDSP (platform programatik yang memberdayakan industri periklanan digital dalam mendorong kesadaran, keterlibatan dan penjualan dan mendapatkan pengembalian tinggi terhadap investasi).

Ada lagi, elfoMobi (jaringan afiliasi yang membantu perusahaan untuk memperluas bisnis mereka secara global dengan memberikan kinerja lalu lintas terbaik, arahan berkualitas dan ROI tertinggi), elfoAIM (alat andal dan instan untuk membangun kanal serta laman untuk keperluan iklan), elfoMAP (platform otomatisasi untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran melalui email dan meningkatkan keterlibatan pelanggan), hingga Pemasaran Digital (layanan untuk meningkatkan akuisisi pelanggan dan meningkatkan konversi secara daring).(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year