Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

ZTE dan China Unicom uji coba skenario Internet of Vehicles

11:23:31 | 22 Apr 2020
ZTE dan China Unicom uji coba skenario Internet of Vehicles
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – ZTE Corporation mengumumkan bahwa perusahaan telah menyelesaikan verifikasi jaringan langsung (Live Network) dari Multi-access Edge Computing (MEC) yang terpasang dalam Optical Line Terminal (OLT) pertama di industri, dalam kemitraan dengan Liaocheng (Shandong) branch China Unicom dan Zhongtong Bus.

Dalam proses verifikasi tersebut, MEC terpasang dalam OLT untuk skenario Internet of Vehicles (IoV) mengemudi jarak jauh. Hasil verifikasi menunjukkan bahwa latensi jaringan penyalur (backhaul) video secara real-time selama mengemudi dan keterlambatan komunikasi antara sistem kelistrikan kontrol kendaraan dan pusat kontrol dapat berkurang hingga lebih dari 92 persen dengan latensi yang mencapai tingkat milidetik. Hasil tersebut telah memenuhi persyaratan latensi kurang dari 10 milidetik untuk transportasi pintar.

Dalam proses verifikasi jaringan langsung tersebut, ZTE dan China Unicom menggelar jaringan 5G dalam mode standalone di pabrik bus Zhongtong untuk mencapai cakupan 5G pada jalan utama di sekitar pabrik, dan menghubungkan kartu ZTE 10G Passive Optical Network (PON) OLT di ruang peralatan China Unicom ke Optical Network Terminal (ONT) di pusat kontrol pabrik, sehingga memberikan akses untuk wired network dengan bandwidth tinggi dan latensi rendah.

Sementara itu, OLT dipasang dalam kartu ZTE untuk menggunakan user plan function (UPF) 5G, yang memungkinkan penerusan aliran data layanan secara cepat melalui UPF lokal, dan memberikan jaminan latensi milidetik end-to- end untuk kendaraan yang dikendalikan dari jarak jauh dan pusat control dari Zhongtong Bus.

Proses verifikasi tersebut turut memperkenalkan kemampuan teknologi informasi ke dalam access office (AO) melalui fungsi MEC dalam OLT. Hal ini merupakan skenario aplikasi khas dari solusi Light Cloud ZTE dan hasil verifikasi tersebut menunjukkan bahwa solusi ZTE Light Cloud siap untuk peluncuran komersial MEC.

Paket Phoenix
Verifikasi menandai awal dari praktik inovatif bersama ZTE, China Unicom, dan Zhongtong Bus dalam konvergensi 5G + Passive Optical Network (PON), dan diharapkan dapat mencapai komunikasi 5G end-to-end, bandwidth tinggi dengan latensi rendah, dan pengguna jaringan tetap.

"Edge computing dari layanan 5G telah menjadi tren industri, dan peluncuran MEC akan lebih fleksibel dan beragam. Dalam verifikasi ini, MEC yang terpasang dalam OLT di access office berfungsi untuk mencapai aliran data layanan lokal yang fleksibel, meminimalkan latensi jalur layanan, dan menawarkan solusi baru untuk penerapan layanan transportasi pintar," kata Deputy General Manager, Liaomeng (Shandong) branch China Unicom  Wang Xinbin.

Ke depan, ZTE, China Unicom dan Zhongtong Bus akan berkomitmen untuk melakukan kerja sama dalam automatic driving, high-precision positioning, kerja sama infrastruktur kendaraan, dan bidang aplikasi lainnya yang menggunakan MEC dalam OLT.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan