telkomsel halo

Jurus Grab ringankan angsuran mitra pengemudi

14:54:32 | 07 Apr 2020
Jurus Grab ringankan angsuran mitra pengemudi
JAKARTA (IndoTelko) - Saat ini lebih banyak orang yang #dirumahaja untuk melandaikan kurva penyebaran COVID-19  dan telah memberi dampak pada perekonomian, termasuk di sektor transportasi daring. Hal ini juga berdampak pada keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi, mitra pengantaran dan mitra merchant. Oleh karena itu, Grab Indonesia telah mempersiapkan skema bantuan serta langkah-langkah untuk mendukung program pemerintah yang bertujuan untuk membantu mengurangi kendala keuangan yang dihadapi oleh para mitra Grab.

“Sejak awal penyebaran virus COVID-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia telah memantau kondisi dan menyiapkan semua pemangku kepentingan terkait respon kami terhadap COVID-19, termasuk  para mitra pengemudi kami. Oleh karena itu, Grab bersama perusahaan rental kendaraan, PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI) akan meluncurkan program yang diharapkan dapat membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi melalui dukungan pihak Perbankan. Di samping itu kami juga sangat mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merencanakan keringan pembiayaan melalui Perusahaan Leasing dan Perbankan, terutama bagi mitra pengemudi kami di Indonesia. Sebagai bentuk dukungan saat ini kami tengah berdiskusi secara intensif dengan OJK terkait inisiatif ini, termasuk bagaimana Grab dapat membantu pelaksanaan di lapangan,” ujar Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Grab bersama TPI, sebuah perusahaan angkutan sewa khusus (rental kendaraan) yang juga merupakan perusahaan mitra terpercaya Grab, kini juga tengah menyiapkan program dan inisiatif yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi yang juga ikut terkena dampak dari pandemi COVID-19.

Sejumlah program kerja sama yang disiapkan antara Grab dengan TPI antara lain adalah penundaan biaya rental mobil hingga dua bulan ke depan serta pemberian dana tunai sebagai bagian dari program loyalitas mitra yang tergabung dalam TPI. Inisiatif ini akan terlaksana dengan mendapatkan dukungan dari pihak Perbankan. Informasi lebih rinci serta syarat dan ketentuan dari program ini telah disampaikan kepada mitra pengemudi yang menjadi anggota TPI[1] dan kebijakan ini akan dievaluasi setelah periode dua bulan.

Selain itu mitra pengemudi anggota TPI juga tetap akan mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, asuransi jiwa serta program beasiswa bagi putra-putri mereka yang masih berjalan. Berbagai Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Grab untuk melindungi kesejahteraan para mitra pengemudinya.

Sebagai tahap awal dari kerja sama dengan OJK, saat ini Grab sedang membantu Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang difasilitasi oleh OJK mendata debitur leasing yang merupakan mitra-pengemudi GrabBike dan GrabCar serta mereka yang terkena dampak dari pandemi ini sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh OJK. Melalui pendataan ini diharapkan pengajuan restrukturisasi dari pinjaman para mitra dapat diajukan secara kolektif oleh Grab kepada APPI yang nantinya akan disampaikan kepada Perusahaan Leasing yang menjadi anggota mereka.

“Kesejahteraan dan kesehatan mitra pengemudi kami menjadi prioritas utama di tengah pandemi COVID-19 ini. Untuk itu, kami berharap dukungan Grab dalam program relaksasi keuangan pemerintah, juga mendapatkan dukungan dan respon positif dari pihak Perbankan dan Perusahaan Leasing di Indonesia. Karena hanya dengan kerja sama seluruh pihak, program ini dapat memberikan manfaat nyata bagi mitra pengemudi yang hingga kini masih melayani masyarakat dan terus memutar roda ekonomi. Ini merupakan tugas kita bersama, #KitaVSCorona,” tutup Neneng.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year