Batic 2020
telkomsel halo

Lakukan ini agar IG dikelilingi aura positif

08:11:08 | 12 Feb 2020
Lakukan ini agar IG dikelilingi aura positif
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Sebagai pengguna aktif internet dan media sosial, apakah Anda pernah merasa khawatir jika akun media sosial Anda diretas oleh orang tidak bertanggung jawab?

Atau apakah Anda pernah merasa takut mendapat komentar negatif saat Anda sedang mengekspresikan diri di Instagram? Instagram mengerti bahwa kedua hal tersebut bisa menghalangi kreativitas para pengguna untuk berekspresi di Instagram.

Dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia hari ini, Instagram terus berupaya memastikan setiap pengguna Instagram mendapatkan informasi yang komprehensif tentang fitur-fitur keamanan apa saja yang dapat mereka gunakan untuk melindungi keamanan mereka di Instagram.

Bukan hanya sekedar melindungi dirinya sendiri, para pengguna Instagram juga dapat belajar melindungi pengguna lain dan menciptakan lingkungan bermedia sosial yang positif sesuai dengan tema global Hari Internet Aman Sedunia yaitu “Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik”.

Berikut ini adalah empat hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun lingkungan bermedia sosial yang positif dan mendukung di Instagram:

Memastikan keamanan akun Instagram
Menggunakan kata sandi yang kuat untuk akun Instagram adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan dalam memastikan keamanan akun Anda. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menambah lapisan keamanan akun Instagram Anda:

Mengaktifkan autentikasi dua faktor agar Instagram dapat secara otomatis mengirimkan kode login khusus ke ponsel Anda setiap kali ada yang mencoba mengakses Instagram Anda dari perangkat yang tidak dikenal. Apabila Anda tidak merasa sedang mencoba melakukan login, Anda dapat segera mengganti kata sandi akun Instagram Anda untuk menghindari percobaan peretasan akun.

Memvalidasi setiap email terkait akun Instagram Anda melalui fitur Email dari Instagram secara langsung dari layanan Instagram di perangkat mobile maupun desktop. Email dari Instagram membantu pengguna memastikan apakah email yang mereka terima adalah email resmi yang dikirimkan oleh tim Instagram atau email palsu yang mengatasnamakan Instagram. Instagram juga menghimbau para pengguna untuk lebih berhati-hati sebelum mengklik tautan (link) yang dikirim oleh email yang mengatasnamakan Instagram.

Menjaga privasi dan interaksi Anda
Setiap pengguna Instagram memiliki kendali penuh dalam menjaga privasi mereka agar mereka bisa tampil menjadi diri mereka sendiri saat berekspresi dan berinteraksi dengan pengguna lain di Instagram.

Beberapa hal yang dapat  Anda lakukan untuk menjaga privasi di Instagram:

· Membuat akun yang bersifat privat sehingga Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat mengikuti Anda di Instagram.

· Mengontrol siapa saja yang dapat mengomentari postingan Anda di Instagram melalui fitur Kontrol Komentar. Anda dapat memilih untuk mengizinkan komentar dari semua orang, orang yang Anda ikuti dan pengikut Anda, hanya orang yang Anda ikuti, atau hanya pengikut Anda.

· Mengontrol siapa saja yang dapat mengirimkan Anda pesan Direct di Instagram. Sehingga, Anda dapat mengatur agar hanya orang yang Anda ikuti saja yang dapat mengirimkan Anda pesan dan menambahkan Anda ke dalam sebuah percakapan grup. Pengguna yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti.

· Mengaktifkan fitur teman dekat di Instagram Stories. Untuk menambahkan orang ke daftar teman dekat, Anda dapat membuka profil dan pilih “Teman Dekat” atau “Close Friends” di bagian Menu. Hanya Anda yang dapat melihat daftar teman dekat dan orang lain tidak bisa meminta untuk ditambahkan, sehingga Anda dapat lebih mudah mengubah daftar tersebut kapan saja. Dengan daftar teman dekat, Anda memiliki kemudahan untuk memilih dengan siapa saja Anda ingin berbagi momen yang bersifat personal.

Mencegah bullying
Komentar negatif di Instagram dapat membuat kita merasa cemas untuk berekspresi di Instagram. Oleh karena itu, Instagram memiliki beberapa fitur yang dapat diaktifkan oleh para pengguna untuk menghindari komentar negatif di Instagram:

· Fitur pelaporan yang dapat Anda gunakan untuk melaporkan postingan maupun komentar yang ofensif, negatif dan melanggar Standar Komunitas Instagram.

· Filter komentar untuk mengendalikan komentar di postingan Anda dimana Instagram akan secara otomatis menyembunyikan komentar negatif di postingan Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat daftar kata ofensif versi Anda sendiri. Anda bahkan dapat memilih siapa saja saja yang dapat berkomentar di postingan Anda.

· Blokir akun dan komentar negatif di akun Instagram Anda. Akun yang Anda blokir tidak akan dapat melihat profil Anda maupun membuat komentar di postingan Anda.

· Batasi akun yang seringkali memberikan komentar negatif di akun Anda. Setelah fitur Batasi diaktifkan, komentar dari orang yang telah Anda batasi secara otomatis hanya akan bisa dilihat oleh orang tersebut. Anda, pengikut Anda, dan orang-orang lainnya tidak bisa melihat komen tersebut. Jika Anda merasa penasaran, Instagram tetap memberikan opsi untuk Anda melihat isi komentar tersebut dengan mengetuk pilihan “Lihat Komentar”. Kemudian, Anda memiliki kendali penuh untuk menyetujui komentar tersebut untuk bisa dilihat semua orang, menghapus komentar tersebut, atau mengacuhkannya.

Melindungi keamanan pengguna lain

Saat menggunakan Instagram, kita juga harus memastikan bahwa pengguna lain merasa nyaman agar tercipta lingkungan bermedia sosial yang positif di Instagram. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi keamanan pengguna lain.

· Saling menghormati dan menghargai pengguna lain di Instagram. Setiap pengguna Instagram memiliki hak yang sama untuk berekspresi. Hindari membuat komentar atau postingan yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

Batic 2020
· Jika Anda melihat postingan yang mengandung ancaman bunuh diri atau tindakan melukai diri sendiri di Instagram, Anda dapat melaporkan postingan tersebut sebagai postingan yang “melukai diri sendiri” secara anonim. Setelah itu, jika orang tersebut membuka aplikasi Instagram, mereka akan melihat sebuat pesan yang dapat menghubungkan mereka ke beberapa sumber bantuan, seperti berbicara dengan teman, menghubungi layanan bantuan atau menemukan sumber bantuan lain.(pg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year