Batic 2020
telkomsel halo

Menyimak 15 tahun perjalanan Google Maps

12:04:42 | 08 Feb 2020
Menyimak 15 tahun perjalanan Google Maps
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pada tahun 2005, Google memulai inisiatif untuk memetakan dunia. Sejak itu, Google Map telah membuat berbagai terobosan mengenai fungsi peta: dari menunjukkan rute terbaik ke suatu tempat hingga membantu pengguna menjelajah dan beraktivitas.

Dengan lebih dari 1 miliar orang mengandalkan Google Maps untuk melihat dan menelusuri dunia, kini Google memberikan penampilan baru dan beberapa update:

Penampilan baru secara menyeluruh
Mulai hari ini, Anda bisa mendapatkan aplikasi Google Maps versi baru untuk Android dan iOS. Semua yang Anda butuhkan dapat diakses dengan mudah melalui lima tab: Jelajahi, Perjalanan, Tersimpan, Kontribusi, dan Terbaru.

Jelajahi: Mencari tempat makan siang, hiburan, atau bermain game di sekitar Anda? Di tab Jelajahi, Anda akan menemukan informasi, rating, ulasan, dan banyak lagi tentang lebih dari 200 juta tempat di seluruh dunia, termasuk restoran, objek wisata, dan bangunan menarik terdekat.

Perjalanan: Apakah Anda bepergian menggunakan mobil atau transportasi umum, tab Perjalanan tersedia untuk memastikan Anda mengambil rute yang paling efisien. Atur dan simpan perjalanan harian Anda di aplikasi untuk mendapatkan info terbaru secara realtime tentang keadaan lalu lintas, lama perjalanan, dan saran rute alternatif.

Tersimpan: Orang-orang telah menyimpan lebih dari 6,5 miliar tempat di Google Maps—dari supermarket baru di sekitar kota sampai restoran terkenal di daerah yang akan Anda kunjungi. Sekarang Anda bisa melihat semua tempat menarik ini dalam satu halaman yang mudah diakses. Anda pun bisa menyusun rencana perjalanan dan membagikan rekomendasi berdasarkan tempat-tempat yang pernah Anda datangi.

Kontribusi: Setiap tahun ratusan juta orang mengkontribusikan informasi yang membantu Google Maps terus memperbarui data. Dengan tab Kontribusi, Anda dapat dengan mudah membagikan informasi lokal, seperti detail tentang jalan dan alamat, tempat yang belum ada, ulasan tentang suatu bisnis, dan foto. Setiap kontribusi sangatlah bermanfaat untuk membantu orang lain mencari tahu tentang tempat dan aktivitas baru.

Terbaru: Tab Terbaru memberi Anda informasi tentang tempat yang sedang tren dan harus dikunjungi menurut pakar dan penerbit konten lokal, seperti The Infatuation. Selain mencari, menyimpan, dan membagikan rekomendasi dari dan kepada jaringan Anda, Anda juga bisa langsung melakukan chat dengan bisnis untuk meminta informasi.

Google Maps juga memperbarui penampilan dengan ikon baru yang mencerminkan perkembangan dalam memetakan dunia. Ikon baru ini berbentuk pin, yang merupakan bagian penting dari Google Maps sejak awal, dan menunjukkan perluasan misi kami. Sekarang, kami tidak sekadar membantu Anda menuju ke suatu tempat, tetapi kami juga ingin mempermudah Anda dalam menemukan tempat dan pengalaman baru.

Agar Anda dapat merencanakan perjalanan dengan lebih mudah, kami akan menambahkan informasi baru dari penumpang sebelumnya tentang rute Anda, sehingga Anda akan segera bisa melihat detail-detail penting seperti:

Suhu: Supaya perjalanan Anda lebih nyaman, periksa terlebih dulu apakah suhu akan cenderung dingin atau hangat menurut penumpang sebelumnya.

Aksesibilitas: Kalau Anda memiliki kebutuhan khusus atau membutuhkan dukungan tambahan, Anda sekarang bisa mengetahui transportasi umum mana yang menyediakan staf pembantu, pintu masuk dan kursi untuk difabel, tombol stop yang mudah diakses, atau LED bervisibilitas tinggi.

Kereta Perempuan: Cari tahu dengan mudah apakah tersedia gerbong atau area khusus perempuan.

Fasilitas Keamanan: Periksa apakah tersedia fasilitas keamanan agar Anda bisa merasa tenang—apakah itu petugas keamanan, kamera pengawas, atau alat komunikasi untuk meminta pertolongan.

Jumlah gerbong yang tersedia: Khusus di Jepang, Anda bisa memilih rute berdasarkan jumlah gerbong yang tersedia untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan tempat duduk.

Informasi yang bermanfaat ini diberikan oleh penumpang sebelumnya yang membagikan pengalaman mereka, dan akan ditampilkan bersama rute transportasi umum jika tersedia. Untuk membantu penumpang setelah Anda, Anda pun bisa menjawab survei singkat di dalam Google Maps tentang pengalaman Anda dalam perjalanan baru-baru ini. Kami akan mulai meluncurkan fitur ini secara global pada bulan Maret. Ketersediaannya akan bervariasi menurut wilayah dan badan penyedia transportasi.

Sejumlah atribut baru membantu Anda mengambil keputusan  dalam menyusun rencana perjalanan.

Pemandu arah
Tahun lalu, Google Maps meluncurkan Live View untuk membantu Anda memutuskan dengan cepat ke arah mana harus melangkah saat menggunakan rute jalan kaki di Google Maps. Dengan memadukan citra dunia nyata dari Street View, sensor machine learning dan smartphone, Live View di Google Maps dapat menunjukkan lingkungan sekitar Anda dengan disertai petunjuk arah dalam format augmented reality.

Dalam beberapa bulan mendatang, Google Maps akan memperluas ketersediaan Live View dan menguji sejumlah kemampuan baru, dimulai dengan penyediaan bantuan yang lebih baik saat Anda mencari sebuah tempat. Anda akan dengan cepat mengetahui jarak dan arah ke suatu tempat.

Batic 2020
Live View segera hadir untuk memandu arah jalan kaki Anda dengan cara baru.(pg) 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year