telkomsel halo

Pemerintah ingin lebih banyak Apple Developer Academy

03:06:56 | 18 Jan 2020
Pemerintah ingin lebih banyak Apple Developer Academy
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional meminta Apple untuk membuka lebih banyak lokasi Apple Developer Academy di setiap pulau besar di Indonesia.

“Mereka di Brazil punya sepuluh. Untuk Indonesia paling tidak di pulau besar atau di wilayah kepulauan itu ada satu. Di Jawa sudah ada dua (Tangerang Selatan dan Surabaya. Di Sumatera sudah ada di Batam. Mudah-mudahan nanti ada di Kaimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, maupun Papua,” kata Menristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro saat Apple Developer Academy Graduation kepada Worldwide Director for Apple Developer Academy Gordon Shukwit.

Diharapkannya, kontribusi dukungan yang bisa diberikan dari para lulusan dengan berbagai bentuk yaitu pengembangan produk yang dapat menjadi start up potensial, membuka peluang entrepreneurship dan atau para lulusan juga dapat memenuhi kebutuhan SDM kompetitif dari berbagai perusahaan digital yang saat ini masih sebagian besar diisi oleh tenaga asing.

Sementara itu Kemenristek/BRIN sendiri saat ini sudah memiliki program hibah permodalan dan inkubasi atau pembinaan bagi para startup yang terbagi dalam program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), dan Inovasi Industri dimana masyarakat umum, termasuk mahasiswa dan pemuda dapat mendaftarkan rencana bisnisnya untuk dikembangkan menjadi startup teknologi.

“Hibah sudah dianggarkan. Kita bahkan sudah menyiapkan yang 2021. Yang 2020 sudah dianggarkan dan sudah mulai jalan. Intinya kita sudah punya program. Nanti lulusan Apple Developer Academy atau siapapun yang punya aplikasi atau games yang dikembangkan dan ingin membangun startup, langsung ke Kemenristek,” ungkapnya. 

Apple Developer Academy yang bekerja sama dengan Universitas Binus di Green Office Park 9, Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang telah meluluskan 194 wisudawan dalam program beasiswa pelatihan coding angkatan kedua.

Dalam graduation ini, para wisudawan dan wisudawati yang telah lolos seleksi program beasiswa mendapat pelatihan coding sama sepuluh bulan sejak April 2019 hingga Januari 2020 dan telah menghasilkan 36 aplikasi untuk Apple Store yang sudah dapat diinstall oleh pemilik iPhone di seluruh dunia.

Apple Developer Academy telah hadir di Tangerang Selatan, Surabaya, dan Batam diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut serta hadir lebih banyak lagi di setiap pulau besar di Indonesia.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year