telkomsel halo

Kominfo buka blokir internet di Mimika dan Jayawijaya

04:14:00 | 11 Sep 2019
Kominfo buka blokir internet di Mimika dan Jayawijaya
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka secara bertahap blokir akses layanan internet di Papua dan Papua Barat pada Selasa (10/9) Pukul 21.00 WIT.

Kali ini Kominfo membuka blokir layanan internet di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika
sehubungan dengan situasi dan kondisi keamanan sudah kondusif.

PLT Kepala Humas Kominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan mengatakan dari 29 Kabupaten/kota di wilayah Papua , sebanyak 27 Kabupaten yang sudah dibuka kembali blokir atas layanan data internet yakni: Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nabire, Jayawijaya dan Mimika.

Sementara dari 13 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua Barat, masih sama dengan data sehari sebelumnya, Senin (9/9) yakni 11 kabupaten yang sudah dibuka akses layanan data internet meliputi Kabupaten Fak Fak, Sorong Selatan, Raja   Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong.

Saat ini untuk wilayah Provinsi Papua, masih terdapat dua Kabupaten/Kota yang masih diblokir layanan data internet yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Begitu juga halnya dengan dua kota di Papua Barat yakni Kota Manokwari dan Kota Sorong masih harus terus dipantau situasinya dalam satu  atau dua hari ke depan.

Kominfo memblokir layanan data internet di Papua dan Papua Barat sebagai buntut dari kerusuhan di Manokwari yang diduga merupakan bentuk protes terhadap tindakan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di beberapa daerah seperti Malang, Surabaya, dan Semarang pada 19 Agustus 2019.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year