Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Kominfo dorong standarisasi dan interkoneksi e-Gov

05:18:46 | 09 Sep 2019
Kominfo dorong standarisasi dan interkoneksi e-Gov
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong adanya kordinasi antar sistem layanan publik digital (e-Government) yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.

“Saat ini sudah banyak sekali sistem e-government (e-Gov). Surabaya punya bagus sekali, Banyuwangi punya, di Bali juga. Tapi ngga saling ngomong, ngga nyambung karena masing-masing punya protokol dan sistem yang berbeda. Ini ngga boleh terjadi, harus kita samakan supaya kerja kita lebih cepat,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan seperti dikutip dari laman Kominfo (8/9).

Diusulkannya, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang efektif dibuat berjenjang. "Pusat itu bertanggung jawab menyambungkan dari pusat ke provinsi, provinsi ke kabupaten, dan kabupaten ke bawahnya. Jadi anggarannya juga jelas, tidak tumpang tindih. Kita bangun simpul-simpul komunikasi, sistem SPBE kita tersambung, ini akan mempermudah dan mempercepat,” terangnya.

Pembagian tugas berdasarkan SPBE pun  harus ditentukan, baik untuk pemerintah pusat, daerah, maupun kabupaten dan kota.

Telkom Marketing 2
“Contohnya untuk layanan yang sifatnya umum yang dipakai oleh semua jajaran pemerintahan, fasilitasnya disediakan pemerintah pusat. Contoh lainnya aplikasi keuangan. Mulai dari perencanaan, budgeting, penggunaan, laporan harus sama. Jadi memudahkan kita semua menganalisa dan menjalankan fungsi pengelolaan anggaran,” papar Dirjen Aptika.

Dikatakannya, pemerintah daerah bebas untuk mengembangkan aplikasi yang dapat mempercepat layanan daerah, namun pengembangan data center tetap dari Pusat.

Angkasa Pura 2
“Daerah silakan kembangkan sendiri aplikasi yang khusus untuk mempercepat layanan daerah, tapi tidak berlaku untuk data center. Cloud atau data center akan disediakan Pusat, dan datanya harus ada di Indonesia. Sudah ditetapkan dalam PP PSTE, jadi semua data pemerintah tidak boleh di luar, kecuali yang dikecualikan,” tutupnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma