Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Sempat down, sistem Check-in Terminal 3 Bandara Soetta kembali normal

08:55:10 | 23 Aug 2019
Sempat down, sistem Check-in Terminal 3 Bandara Soetta kembali normal
Penumpang antri di konter check-in Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta karena ada masalah dengan sistem TI pada Jumat (23/8) dini hari.(ist)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Angkasa Pura II (AP 2) menginformasikan bahwa sistem check-in di Terminal 3 untuk penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sempat mengalami gangguan pada Jumat, (23/8), sekitar pukul 03.30 WIB dan kembali berfungsi normal pada 04.50 WIB. 

Adapun sistem check-in seluruh penerbangan rute domestik tetap aman dan berfungsi normal. 

“Sistem check-in down hanya pada 3 penerbangan internasional,  Tim Angkasa Pura II langsung mengidentifikasi masalah dan berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga dalam waktu cepat kondisi kembali normal. Sistem check-in seluruh penerbangan domestik aman,” ujar Ph. SVP of Corporate Secretary & Legal AP II Achmad Rifai dalam keterangan Jumat (23/8) pagi. 

Achmad Rifai mengatakan Terminal 3 juga memiliki sistem teknologi informasi yang dapat melakukan fast recovery sebagai kontingensi apabila terdapat gangguan, sehingga gangguan sistem check-in pada 3 penerbangan hari ini dapat cepat berfungsi normal kembali.

Saat ini seluruh sistem check-in sudah berfungsi penuh dan secara umum penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak terganggu. Begitu juga dengan penerbangan di Terminal 1 dan 2 yang beroperasi normal. 

Angkasa Pura 2
Secara terpisah, Pakar Keamanan Teknologi Informasi Mochammad James Falahuddin mengatakan sistem teknologi informasi (TI) selalu ada potensi gangguan dalam kinerjanya. "Apalagi untuk penyedia bandara, pasti sistem TI-nya kompleks. Bagi pengelola TI itu yang harus dipastikan adalah selalu ada Business Continuity Plan (BCP) jika terjadi masalah. Kemampuan recovery yang cepat dari pengelola bandara artinya ada BCP yang bagus dijalankan," tutupnya.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma