telkomsel halo

Transaksi kripto di Indonesia naik 80%

08:33:33 | 28 Jun 2019
Transaksi kripto di Indonesia naik 80%
JAKARTA (IndoTelko) -  Bitocto mencatat selama enam bulan terakhir volume transaksi kripto di pasar global naik lebih dari 200%, sementara di Indonesia volume transaksi naik sebesar 80%.

Founder dan CEO Bitocto Indonesia Milken Jonathan menilai terdapat dua faktor yang menyebabkan volume transaksi ini merangkak naik, yakni peluncuran aset kripto di salah satu platform media sosial dan fase Halving Litecoin dan Bitcoin.

Dalam menghadapi fase Halving Bitcoin tersebut, Bitocto gencar mempersiapkan platformnya agar siap mengakomodir user dengan jumlah yang lebih besar serta dengan adanya kemungkinan Fear of Missing Out (FOMO) dari para investor.

“Bitcoin saat ini sedang berada dalam masa transisi dari Bear ke Bull, hal ini merupakan siklus yang normal dalam pasar aset kripto mengingat perdagangan aset ini berjalan 24/7 tanpa henti. Saya melihat fase Halving Bitcoin nantinya akan membantu mendorong harga untuk naik, tidak menutup kemungkinan harga dapat menyentuh angka US$15 ribu di akhir tahun ini hingga awal tahun depan,” paparnya dalam keterangan (27/6).

Diungkapkannya, tercatat banyak investor baru di tingkat global maupun lokal yang mulai masuk ke ranah aset digital ini. Meski belum diketahui sejauhmana pemahaman mereka mengenai teknologi blockchain, namun yang mengejutkan lebih dari 50% diantaranya berasal dari kalangan milenial serta didominasi oleh kaum laki-laki.

Bitocto juga mencatat kenaikan jumlah investasi selama enam bulan terakhir sebesar 20%, tak kalah penting jumlah user juga meningkat sebesar 30% meski kondisi pasar sedang menurun. Selain itu, kegiatan edukasi juga gencar dilakukan guna membantu para investor dalam mendapatkan edukasi investasi yang memadai.

Secara umum, di publik aset kripto memang belum mendapatkan respon yang cukup positif, terutama setelah harga mengalami penurunan saat hype bubble di tahun 2017 lalu, ditambah lagi sulitnya pemahaman mengenai inovasi mata uang digital ini bagi kalangan awam.

Namun, pemberitaan positif peluncuran koin dari salah satu platform media sosial ternama tersebut akan cukup membantu membuat pergerakan harga dan aktivitas pasar ke arah yang jauh lebih positif.

Fase Halving pada aset kripto merupakan sebuah event untuk mempertahankan value cryptocurrency karena bagaimanapun pasokan aset cukup terbatas. Pada saat yang sama, peristiwa Halving biasanya berarti bahwa banyak para miner dengan peralatan lama mungkin tidak menghasilkan keuntungan besar lagi.

Untuk diketahui, Bitocto Indonesia merupakan unit bisnis dari Datindo Corporation Group dimana memiliki 18 ribu pengguna terdaftar.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year