Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

DAMAI Cable System bikin akses internet di Medan dan Kepri kian Joss

05:10:47 | 02 May 2019
DAMAI Cable System bikin akses internet di Medan dan Kepri kian Joss
COO Triasmitra Dani Samsul Ependi.(dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) menyakini proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Medan – Dumai yang diberi nama proyek DAMAI Cable System komersial pada Agustus mendatang maka layanan internet untuk wilayah Medan dan Kepulauan Riau (Kepri) akan kian kencang.

"Selama ini trafik upstream dari Medan itu dibawa dulu ke Jakarta baru ke Singapura sebagai hub trafik global. Jalaur DAMAI ini memutus ke Jakarta, bisa langsung ke Singapura via Batam," ungkap COO Triasmitra Dani Samsul Ependi belum lama ini.

Dani menambahkan, selama ini kabel optik yang melayani Medan-Jakarta banyak melalui jalur darat sehingga rawan putus karena vandalisme. "DAMAI kan SKKL, jika ada ganggua itu kalau ada kapal nakal asal lempar buang jangkar. Beda kalau kabel di darat, resiko banyak mulai pelebaran jalan hingga vandalisme," katanya.

Dani mengungkapkan potensi wilayah Medan dan sekitarnya lumayan besar sehingga Triasmitra berani membangun SKKL DAMAI Cable System. "Linknet, Moratelindo, Indosat, dan Fiberstar. Kami yakin pelanggan eksisting lokal lainnya dari Triasmitra akan berminat juga, bahkan pemain luar seperti Telekom Malaysia yang sudah lama menjadi mitra kabel laut lainnya dari Triasmitra," katanya.  

Asal tahu saja, Triasmitra menggandeng PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (Telkominfra) untuk menggelar proyek DAMAI Cable System.

Paket Semangat Kemerdekaan
Proyek DAMAI Cable System memerlukan kabel optic sepanjang 572 km, yang terbagi menjadi 2 segmen yaitu segmen Medan – Panipahan sepanjang 247 km dan segmen Panipahan – Dumai  sepanjang  325 km.  Kabel optic yang digunakan adalah kabel optic berkapasitas 24 cores (submarine) dengan jenis kabel optic G654.

Proses penggelaran kabel optik proyek DAMAI sudah mulai berjalan sejak kuartal ketiga tahun 2018 dan ditargetkan akan beroperasi pada kuartal ketiga tahun 2019. Sementara untuk penggelaran kabel optik yang menjadi kegiatan utama sudah dimulai sejak pertengahan April 2019 sampai dengan akhir Juli 2019.

DAMAI Cable System semakin melengkapi jaringan fiber optik yang dimiliki oleh Triasmitra setelah sebelumnya memiliki jalur Jakarta – Bangka – Batam – Singapura (B2JS) Cable System sepanjang 1070 km, Surabaya – Denpasar Cable System (SDCS) sepanjang 520 km, Ultimate Java Backbone (UJB) sepanjang 2.661 km dan Jakarta – Surabaya (Jayabaya) Cable System sepanjang 875 km yang selesai dibangun tahun 2018 lalu.(dn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata