Telkom Marketing
Telkom Marketing
blanja 2019
telkomsel halo

Brebes dan Tegal Berselimut 4G

11:26:12 | 15 Apr 2019
Brebes dan Tegal Berselimut 4G
Digitalisai hingga ke bawah
telkomtelstra januari - maret
BREBES-TEGAL (IndoTelko) - Kota Tegal dan Brebes seolah tak terpisahkan.  Kedua kota yang bersebelahan ini sangat identik.  Begitu pun penyebaran sinyal 4G operator.  Kedua kota ini sudah berselimut 4G dan terbukti kencang.  

Kedua wilayah ini menjadi pintu utama masuk ke kota Jawa Tengah lewat jalur pantura.  Bahkan tidak sedikit masyarakat yang melakukan perjalanan, singgah di kota ini. Pun sektor pariwisatanya, menjadi daya tarik tersendiri termasuk kuliner.

Kebijakan pengelolaan layanan masyarakat juga sudah dijalankan dengan sistem komputerisasi dan digitaisasi.  Dukungan sinyal 4G yang bertenaga, menjadi modal besar bagi Tegal dan Brebes untuk lebih cepat maju ketimbang kota lainnya di wilayah Jawa Tengah. 

Telor asin, nelayan, kuliner, dan wisata menjadi andalan pergerakan ekonomi kawasan ini.  Adanya jalan tol yang menghubungkan langsung kota ini dengan ibukota DKI Jakarta, menjadi salah satu faktor keduanya mengalami perkembangan yang tergolong pesat.

Teknologi Informasi menjadi salah satu jembatan dan cara pergerakan ekonomi dan pemerintahan di kedua wilayah ini berjalan lebih cepat.  Apalagi dukungan lima operator di kedua kota ini sangat maksimal.

Tim IndoTelko membuktikannya lewat pengujian jaringan di 4 titik berbeda yang kami anggap strategis.  Pengujian di mulai pada rabu, 20 Maret 2019 lalu.  

Titik uji pertama adalah Stasiun Brebes.  Pengujian di lakukan pada pukul 14.45 wib dengan aplikasi Speedtest.  Tiga operator menunjukkan tajinya di kawasan ini.  Daerah yang merupakan pintu masuk ke kota Brebes via jalur kereta api ini kami simpulkan sudah dicover jaringan 4G yang mapan.

Telkomsel yang merupakan dengan jumlah pelanggannya terbesar di Tanah Air ini menunjukkan kekuatan unduhnya di angka 27,9 Mbps, upload 7,18 Mbps , dan ping 39 ms, disusul Indossat dengan speed downloadnya 25,3 Mbps, upload 23,5 Mbps , dan ping 33 ms, lalu Smartfren download 14,2 Mbps, upload 1,83 Mbps , dan ping 55 ms, selanjutnya Tri download 3,36 Mbps, upload 1,64 Mbps , dan ping 50 ms, dan XL speed download 0,28  Mbps, upload 4,57 Mbps , dan ping 91 ms.

Brebes dan Tegal Berselimut 4G

Pengujian di kawasan ini kami lakukan beberapa kali dengan kondisi masing-masing sinyal operator berindikator 4G dan full bar.

Bergeser ke kawasan atau titik uji selanjutnya.  Alun-alun Brebes.  Pengujian kami lakukan pada pukul 15.11 Wib.  Di kawasan ini selain alun-alun dan tugu telor asin,  juga merupakan kawasan tempat tinggal atau rumah dinas bupati Brebes dan masjid agung Brebes.  Kami simpulkan kawasan ini adalah kawasan paling strategis lainnya di kota Brebes. 

Brebes dan Tegal Berselimut 4G

Hasil pengujian di kawasan ini menunjukkan hasil sebagai berikut : Telkomsel download 47,0 Mbps, upload 26,1 Mbps , dan ping 37 ms, XL download 20,3  Mbps, upload 10,4 Mbps , dan ping 40 ms, Smartfren download 16,6 Mbps, upload 1,85 Mbps , dan ping 96 ms, Tri download 13,1 Mbps, upload 11,0 Mbps , dan ping 47 ms, dan Indosat download 5,86 Mbps, upload 0,27 Mbps , dan ping 51 ms.

Speed di Tegal

Pengujian kami lanjutkan ke kota Tegal.  Tidak begitu membutuhkan waktu lama untuk mencapai kota Tegal dari Brebes.  Ada dua titik uji yang jadi target tim uji.  Pertama adalah terminal Tegal dan kedua kantor walikota Tegal plus alun-alun.

Titik uji di terminal Tegal kami lakukan pada pukul 15,41 Wib.  Terminal tipe A ini berada persis di pinggir jalan utama yang merupakan akses menuju ke kota-kota lain di pulau Jawa.  

Kawasan ini tergolong ramai lalu-lalang kendaraan yang akan masuk dan keluar kota Tegal tanpa lewat jalur tol.

Di kawasan ini kekuatan 4G kelima operator tergolong baik. Indosat tercepat dengan akses unduh 17,2 Mbps, upload 40,8 Mbps , dan ping 32 ms, Telkomsel download 13,7 Mbps, upload 14,1 Mbps , dan ping 48 ms, Smartfren download 5,38 Mbps, upload 6 Mbps , dan ping 64 ms, XL download 5,25  Mbps, upload 7,98 Mbps , dan ping 51 ms, dan Tri download 2,31Mbps, upload 6,53 Mbps , dan ping 51 ms.

Brebes dan Tegal Berselimut 4G

Sinyal operator di kawasan ini sejauh pantauan kami sangat bak. Indikator sinyal kelima operator tersebut memang tidak semuanya full bar namun di kisaran 4 bar dari 5 indikator fullbar.  Artinya kami simpulkan sinyalnya cukup sempurna dan layak uji.

Berpindah ke titik selanjutnya adalah Kantor Walikota, alun-alun, dan masjid Raya Tegal.  Ini kawasan sangat starategis sekali yang layak menjadi destinasi uji. Pusat pemerintahan, pusat keramaian masyarakat, dan area hiburan serta religi.

Pengujian di area uji ini kami lakukan pada pukul 16.15 Wib. Hasil uji speed download an upload nya sangat menarik.  Telkomsel, XL, dan Smartfren jadi tiga operator tercepat.  Di susul oleh Tri dan Indosat.

Brebes dan Tegal Berselimut 4G

Berikut hasil pengujian dalam angka : 

Telkomsel Download 52,5 Mbps, upload 26,4 Mbps , dan ping 52 ms

XL Download 40,5  Mbps, upload 21,7 Mbps , dan ping 25 ms

Smartfren Download 17,4 Mbps, upload 2,67 Mbps , dan ping 58 ms

Tri Download 15,6 Mbps, upload 11,2 Mbps , dan ping 47 ms

Indosat Download 4,58 Mbps, upload 14,8 Mbps , dan ping 37 ms

Telkom Marketing
Kesimpulan yang bisa kami ambil dari dua kota Brebes dan Tegal ini adalah bahwa kelima operator menyuguhkan layanan yang cukup baik.  Di empat titik pengujian, kelimanya punya kekuatan yang berbeda-beda.  Artinya sinyal dan jaringan 4G di kawasan tersebut tidak semuanya sempurna. Ada kalanya Telkomsel, terbaik, dan ada di posisi lain XL jadi yang terbaik. Termasuk Smartfrend an Indosat. Sementara Tri merupakan operator yang stabil di semua kawasan dengan hasil uji yang tidak jauh berbeda dari 4 titik uji.  (sg) 

Proses Uji dalam Video :

 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma