Speed 5G di Alam Sutra di atas rata-rata

06:09:00 | 28 Sep 2021
Speed 5G di Alam Sutra di atas rata-rata

JAKARTA (IndoTelko) - Selain bandara dan pusat perkantoran, 5G Telkomsel juga sudah ada di kawasan perumahan di pinggiran Ibukota. Adalah komplek perumahan Alam Sutra. 

Sinyal 5G Telkomsel bisa kita dapatkan di sekitaran restoran siap saji MC Donald simpang Alam Sutra, kawasan Flavor Bliss, dan sekitaran jalan Sutera Kirana.

Tim IndoTelko juga kembali melakukan pengukuran akses kekuatan 5G Telkomsel di kawasan ini.  Pengujian dan pengukuran kecepatan akses data Telkomsel dilakukan di sekitaran MC Donald Alam Sutra dan kawasan Flavor Bliss, pusat kulinernya kawasan Alam Sutra.

Proses uji dilakukan menggunakan 2 aplikasi, Speedtest dan nPerf. Selain mengukur kecepatan akses datanya, kami pun melakukan uji coba menjalankan berbagai fitur pada ponsel 5G yang kami gunakan, yakni Huawei Mate 40 Pro 5G, seperti memutar video youtube, mendownload aplikasi, dan juga bermain game.

DIkarenakan suara bising jalan raya yang cukup mengganggu proses pengujian dan perekaman hasil uji, kami mencoba melakukan pengukuran dan pengujian kecepatan 5G Telkomsel dari dalam mobil.  

Pengujian pertama menggunakan aplikasi Speedtest.  Sinyal 5G yang ditangkap ponsel sangat baik dan fullbar.  Hasilnya, 5G Telkomsel di sini memiliki kekuatan unduh mencapai 213 Mbps, upload dikecepatan 73,5 Mbps, dan ping 9 ms. Selanjutnya pengujian kedua kalinya juga kami lakukan, hasilnya 5G Telkomsel punya kekuatan yang bertambah bahkan bisa dibilang di atas rata-rata.  Kecepatan unduh 5G Telkomsel dengan mesin uji Speedtest ini mencapai 220 Mbps, upload 69,3 Mbps, dan ping 9 ms.

Setelah melakukan pengujian dengan aplikasi Speedtest, kami melanjutkan dengan menguji kekuatan 5G Telkomsel ini dengan aplikasi nPerf.  Hasil ujinya, Telkomsel memiliki skor akhir sebesar 129.826 nPoints, dengan rincian kekuatan unduh di angka terbaik 232,84 Mbps, upload 89,82 Mbps, dan latency 10 ms.  

Selanjutnya, kami juga melakukan pengukuran kekuatan jaringan di 2 frekuensi Telkomsel baik 4G maupun 5G dengan aplikasi SpeedTest.  Beruntung bagi sinyal 4G, karena di kawasan MC Donald dan Flavor Bliss Alam Sutra ini, sinyal ponsel 4G menangkap indikator 4G+ (LTE A) alias LTE Advanced.

Proses uji kali ini menggunakan aplikasi Speedtest, dengan hasil perbandingan kekuatan jaringan 4G+ dan jaringan 5G sebagai berikut : kekuatan di jaringan 4G+ menunjukkan kecepatan unduhnya di angka 20,1 Mbps, upload 15,7 Mbps, dan ping 16 ms.  Sementara kecepatan unduh jaringan 5G didapat sebesar 206 Mbps, upload 67,5, dan ping 8 ms.

Masih penasaran dengan kekuatan 5G Telkomsel, kami pun berkesempatan memainkan game balap mobil Asphalt 8.  Dukungan jaringan 5G di kawasan Alam Sutra khususnya persimpangan MC Donald dan Flavor Bliss ini, membuat aktivitas bermain game makin seru dan pastinya lancar.  Sekedar catatan, bahwa jaringan 5G Telkomsel juga bisa ditangkap hingga tengah-tengah simpangan Alam Sutra, tepatnya di Tugu Alam Sutra.  (sg)

Proses pengujian dalam video :

 

Baca Juga: