Bergelora, 5G Telkomsel di Surabaya

04:59:00 | 30 Sep 2021
Bergelora, 5G Telkomsel di Surabaya
JAKARTA (IndoTelko) - Setelah beberapa waktu lalu Tim IndoTelko melakukan pengujian dan mencoba jaringan 5G Telkomsel di beberapa wilayah Jakarta, Tangerang, Banten, dan Solo, kami pun bergeser menuju Surabaya. Salah satu kota yang juga sudah lebih dulu berkesempatan menikmati jaringan 5G.
 
Meski Spot 5G di ibukota Jawa Timur ini baru mencakup wilayah Grapari Pemuda, namun sebuah keuntungan tersendiri bagi pelanggan Telkomsel di Surabaya yang penasaran dan ingin mencoba kecepatan akses data 5G Telkomsel. 
 
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba akses data berkecepatan tinggi ini.  Salah satunya adalah mengecek ponsel kita apakah sudah menangkap sinyal 5G.  Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menikmati akses 5G :
1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G
 
Kecepatan super
Sebesar apa kecepatan akses data 5G di kawasan Grapari Telkomsel Pemuda Surabaya?  Tim Indotelko berkesempatan melakukan uji coba dan menikmati akses 5G di kawasan Grapari Telkomsel ini.  Proses uji coba dilakukan pada 6 September 2021.  Bagaimana hasilnya?
 
Pengujian dan pengukuran kecepatan akses data 5G Telkomsel yang kami lakukan, menggunakan  aplikasi Speedtest dan nPerf.  Proses pengujian kami lakukan beberapa kali dan kami ambil hasil terbaik dari proses uji ini.
 
Pengujian pertama dengan aplikasi SpeedTest.  Hasilnya, kecepatan unduhnya mencapai angka 383 Mbps, upload 92,1 Mbps, dan ping 13 ms.  Kami kembali melakukan pengujian selanjutnya, hasilnya lebih baik lagi.  Kekuatan unduh 5G Telkomsel ini tembus 400 Mbps, tepatnya 402 Mbps, upload 91,7 Mbps dan ping 14 ms.
 
Selanjutnya, pengujian kami lakukan dengan aplikasi nPerf.  Kekuatan unduh maksimal yang didapat ,encapai 291,80 Mbps, upload 94,14, dan latency 30 ms.  Sementara nilai atau skor akhir dari pengujian ini adalah 46.869 nPoints.
 
5G bukan sekedar kecepatan
Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk menghadirkan beragam produk dan layanan digital baru yang mampu mentransformasi kehidupan.  Di area Grapari Pemuda ini, kami pun sempat mencoba berbagai perangkat digital yang ada pojok Grapari ini. 
 
5G dari Telkomsel akan mengubah cara masyarakat belajar, bekerja, berbelanja, menikmati hiburan digital, hingga mengakses layanan kesehatan berbasis teknologi menjadi lebih mudah dan efisien.  Juga pengembangan solusi teknologi masa depan seperti artificial intelligence, cloud computing, dan Internet of Things. 
 
Telkomsel akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor, seperti : kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain, lewat  solusi yang dapat memungkinkan cara kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi.  (sg)
 
Simak Proses Uji 
Baca Juga: