telkomsel halo

Grab tingkatkan kemampuan UKM di Lampung

11:57:35 | 18 Feb 2019
Grab tingkatkan kemampuan UKM di Lampung
LAMPUNG (IndoTelko) – Grab menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital serta fotografi produk dengan tema “Usaha Lancar Bareng GrabExpress” untuk meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Lampung.

“Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi yang kami miliki, GrabExpress berkomitmen untuk membantu wirausahawan lokal untuk berkembang. Di Lampung, GrabExpress telah hadir sebagai langkah kami untuk menjadi everyday superapp dengan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kurir instan yang andal, mudah, dan aman. Melalui pelatihan pemasaran digital dan fotografi produk ini, kami memberikan kesempatan bagi wirausahawan lokal untuk mempelajari ilmu-ilmu baru untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka dan dapat mencapai target bisnis dengan lebih cepat. Pelatihan ini mendukung komitmen berkelanjutan Grab yang terangkum dalam Masterplan 2020 Grab 4 Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sebagai kekuatan Indonesia di masa depan melalui akselerasi pertumbuhan bisnis eCommerce,” kata Marketing Director Grab Indonesia Mediko Azwar dalam keterangan, kemarin.

Berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Lampung Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah di tahun 2017, pertumbuhan UMKM di provinsi Lampung baru mencapai 1,92%, padahal perdagangan menjadi salah satu penggerak perekonomian di Lampung dengan kontribusi sebesar 11,42%. 

Di sisi lain, Produk Domestik Regional Bruto provinsi Lampung menjadi yang tertinggi di wilayah Sumatera selama periode 2014 hingga 2016 dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 9,17%. Potensi dan peluang di provinsi Lampung  mendorong GrabExpress untuk mendorong pertumbuhan bisnis lokal dengan memberikan kemudahan pengiriman barang.

“UMKM memiliki peran dalam menunjang kegiatan ekonomi nasional, terutama untuk mengatasi persoalan pengangguran dan kesenjangan antar sektor. Disisi lain, UMKM biasanya memiliki keterbatasan biaya terutama dalam segi pemasaran. Hal ini tidak boleh menjadi penghambat akselerasi bisnis mereka. Pemasaran digital dapat menghemat biaya promosi dengan menggunakan media internet sehingga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan cara-cara lainnya. Pelatihan hari ini diharapkan bisa memberikan kiat-kiat praktis yang dapat segera diterapkan wirausahawan-wirausahawan di Lampung untuk terus mendorong pertumbuhan bisnis mereka. Dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan di era digital ini, termasuk jasa pengiriman online seperti GrabExpress, pertumbuhan bisnis akan semakin mudah dan cepat,” kata Praktisi pemasaran digital dan Director Gink Technology Eka Yuda Gunawibawa.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year