telkomsel halo

Kemenperin gandeng Amazon Web Service untuk Making Indonesia 4.0 Startup

10:12:01 | 08 Sep 2018
Kemenperin gandeng Amazon Web Service untuk Making Indonesia 4.0 Startup
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng Amazon Web Service untuk Making Indonesia 4.0 Startup guna memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

“Program ini juga bertujuan untuk membangun ekosistem inovasi, sehingga sejalan dengan roadmap Making Indonesia 4.0. Kami meyakini generasi milenial Indonesia memiliki banyak potensi di bidang startup. Jadi, diharapkan semakin banyak startup kita sadar terhadap pentingnya infrastruktur digital yang menjadi ciri penerapan revolusi industri 4.0, seperti cloud computing untuk mendukung bisnisnya,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto seusai meresmikan pembukaan Workshop Cloud Computing di Kemenperin, belum lama ini.

Workshop Cloud Computing merupakan kegiatan awal dari serangkaian agenda Making Indonesia 4.0 Startup yang diluncurkan oleh Kemenperin. Sebanyak 100 peserta mengkuti lokakarya yang berlangsung selama dua hari, tanggal 6-7 September 2018. Kompetisi inovasi teknologi yang dilaksanakan hingga November 2018 ini akan memacu daya saing industri kecil dan menengah (IKM) nasional.

Menperin menegaskan, pihaknya semakin rajin meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) guna mendukung pengembangan industri nasional. SDM terampil menjadi salah satu kunci penerapan ekonomi digital secara inklusif.

“Banyak program yang sudah kami buat untuk anak muda, misalnya mendorong technopark seperti Apple Academy. Selain itu bekerja sama dengan berbagai perusahaan, seperti NTT Communication serta melibatkan banyak kelompok masyarakat dan new entrepreneur. Ini yang harus kita masifkan ke publik sehingga masyarakat mengetahui peluangnya begitu besar di era digital,” paparnya.

Melalui kegiatan Making Indonesia 4.0 Startup diharapkan bisa menjadi ajang sosialisasi mengenai implementasi industri 4.0 di Tanah Air serta menjembatani hasil inovasi anak bangsa untuk kebutuhan di sektor industri manufaktur. “Revolusi industri 4.0 merupakan era di mana terjadi konektivitas secara nyata antara manusia, mesin, dan data,” jelas Airlangga.

Potensi Pasar
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih menyampaikan, kompetisi Making Indonesia 4.0 Startup dapat menjadi pemicu bagi masyarakat khususnya para startup untuk menjajaki potensi pasar yang cukup baik di sektor industri.

Sasaran dari program kompetisi tersebut adalah startup binaan perguruan tinggi, inkubator bisnis, pemerintah daerah, bahkan BUMN dan swasta. “Kami senang dengan respons masyarakat terhadap teknologi baru terbukti dengan banyaknya pendaftar Workshop Cloud Computing ini,” ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan Making Indonesia 4.0 Startup didukung oleh beberapa asosiasi usaha, komunitas dan lembaga yang begerak di bidang teknologi digital, di antaranya Amazon Web Services Indonesia, Asosiasi Cloud Computing, Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia, Asosiasi Tech Startup Indonesia, Angel Investor Network Indonesia, dan Block 71 Jakarta,

Selanjutnya, Komunitas Robotika Indonesia, Estubizi Network, Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia, serta Rice INTI Bandung.

“Para pendukung program ini akan berkolaborasi bersama-sama untuk menyosialisasikan program, melakukan pembinaan lanjutan kepada para startup, serta memberikan akses kepada investor,” terang Gati.

Kemenperin masih membuka pendaftaran bagi para startup lokal yang ingin mengikuti kompetisi Making Indonesia 4.0 Startup sampai dengan tanggal 20 November 2018. Masyarakat yang berminat dapat mengakses website www.i4startup.id untuk pendaftaran dan informasi.

Dari kompetisi ini akan diambil lima peserta terbaik yang akan mendapatkan hadiah sebesar masing-masing Rp50 juta pada Acara Festival Startup 4.0 yang akan diadakan pada Desember 2018 sekaligus dengan pameran, temu bisnis, dan pemberian penghargaan.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year