telkomsel halo

LINE hadirkan Clova di produk Toyota

11:32:00 | 29 Jun 2018
LINE hadirkan Clova di produk Toyota
JAKARTA (IndoTelko) - LINE dan Toyota Motor Corporation (Toyota) telah bekerja sama untuk menghadirkan Clova di kendaraan Toyota model terbaru yang dilengkapi Smart Device Link (SDL) yang akan diluncurkan mulai dari musim dingin 2018.

Tahun ini, LINE juga mengumumkan peluncuran Clova Extension Kit – sebuah development kit untuk mengembangkan dan memperluas fitur LINE Clova – untuk umum di Juli.

Clova adalah asisten bertenaga kecerdasan buatan, atau artificial intelligence (AI), milik LINE.    

Clova Auto terbaru memungkinkan penguna untuk memakai Clova saat berkendaraan dengan cara menghubungkannya dengan gawai di dalam mobil. Ini akan memungkinkan pengguna untuk tetap melakukan tugas sehari-hari dengan aman sambil berkendara.

Clova dapat membantu pengguna untuk mematikan lampu di rumah, memeriksa cuaca di tempat tujuan, mengirim, dan menerima pesan LINE, membuat panggilan gratis LINE, mendengarkan musik di LINE MUSIC, dan lainnya melalui perintah suara.

Pengguna pun tidak perlu menghentikan kendaraan untuk mengakses smartphone. Clova juga akan terhubung ke tampilan, atau display, kendaraan serta tombol pengenal suara di roda kemudi agar memungkinkan pengguna mengoperasikan Clova dari jarah jauh dan tetap fokus pada berkendara.

Clova Auto akan pertama kali hadir di kendaraan Toyota dan akan tersedia bagi pengguna yang memilih kendaraan yang dilengkapi gawai yang kompatibel dengan Clova. Toyota akan meluncurkan kendaraan-kendaraan tersebut mulai dari musim dingin ini.

Kedepannya, LINE akan mengembangkan dan mendukung berbagai fungsi dan layanan kendaraan menggunakan Clova Auto untuk memudahkan pengalaman berkendara.

LINE juga akan mendukung pengguna sebelum dan sesudah memasuki kendaraan Toyota. 'LINE My Car Account' telah hadir di model terbaru Toyota Crown, New Sport Corolla, dan Prius PHV untuk memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan kendaraan mereka melalui LINE, menyetel tujuan di alat sistem navigasi, memeriksa banyaknya bensin, dan lainnya.

LINE juga mengumumkan peluncuran Clova Extension Kit – sebuah development kit untuk mengembangkan dan memperluas fitur LINE Clova – untuk umum di Juli. LINE akan meluncurkan secara bertahap 50 fitur yang disediakan oleh 34 mitra awal Clova Extension Kit.

Sementara di sisi layanan pertukaran mata uang virtual (cryptocurrency), LINE baru saja merilis Bitbox. Melalui layanan ini, Line menjual lebih dari 30 cryptocurrency  untuk pengguna di seluruh dunia, kecuali Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Layanan ini tersedia dalam 15 bahasa. Jenis cryptocurrency yang diperdagangkan seperti bitcoin, ethereum, bitcoin cash, litecoin, dan lain sebagainya. Biaya pertukaran dibanderol 0,1% dari nilai transaksi. Line menjamin, koin yang tersedia telah melalui hasil penyeleksian ketat dan dipilih oleh panitia internal supaya  pertukaran cryptocurrency berjalan aman bagi pengguna.

Untuk bisa menyediakan layanan ini, Line membentuk divisi baru yang bernama Line Financial Corporation. Berangkat dari Line Pay yang diklaim sukses karena volume transaksi global lebih dari 450 miliar yen atau sekitar Rp 55 triliun, dengan 40 juta pengguna.

Line sudah mengajukan layanan baru ini ke Otoritas Jasa Keuangan Jepang, agar mendapatkan lisensi pada akhir Januari 2018. Namun, proses itu ditangguhkan setelah bursa Coincheck di Jepang diretas, sehingga merugi US$ 530 juta.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year