telkomsel halo

Cainiao adopsi `Smart Logistic`

05:30:59 | 02 Jun 2018
Cainiao adopsi
JAKARTA (IndoTelko) – Cainiao Network (Cainiao), afiliasi logistik milik Alibaba Group, memperlihatkan teknologi logistik terbarunya pada acara Global Smart Logistic Summit 2018.

Pada kesempatan ini, Cainiao juga mengumumkan rencana untuk meningkatkan jaringan logistik global mereka dengan membuka lima pusat logistik di seluruh dunia.

Teknologi dan program yang diperkenalkan Cainiao ini merupakan bagian dari usaha perusahaan untuk memfasilitasi perdagangan di Tiongkok dan seluruh dunia. Cainiao juga berniat untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pedagang dan konsumen melalui pengalaman online dan offline yang terintegrasi sepenuhnya.

Future Park
Cainiao memperkenalkan solusi terbarunya, “Future Park”,  sebuah komplek baru untuk logistik yang menaungi gudang pintar, perkantoran, dan pertokoan.

Komplek yang terletak di kota Wuxi, Tiongkok Timur, daerah dekat kota Shanghai, telah menerapkan teknologi-teknologi unggulan, termasuk kecerdasan buatan, edge computing (pengolahan data di tepi jaringan)  dan Long Range (LoRa)-IoT pada fasilitas mereka. Hal ini menjadikan komplek tersebut dilengkapi dengan sistem pengelolaan cerdas dengan skala besar.

Gudang pintar yang berada di Future Park ini dilengkapi dengan jalur perakitan otomatis yang memanfaatkan lengan robot dan juga lebih dari 500 robot AGV (kendaraan yang dipandu otomatis) untuk memilih dan mengemas pesanan dengan lebih cepat dan efisien.

Otomatisasi ini diharapkan dapat menghemat tenaga para pekerja hingga 50.000 langkah per orang dalam satu hari. Gudang pintar tersebut juga menggunakan sensor inframerah yang dapat mengidentifikasi ketinggian tumpukan inventaris secara otomatis. Selain itu, terpasang kamera-kamera yang dapat mengalkulasikan kapasitas tempat penyimpanan secara real-time yang menyediakan informasi yang akurat dan terkini untuk pengelolaan inventaris yang lebih baik.

Cainiao juga menunjukkan teknologi masa depan lainnya yang dapat mengatasi permasalahan di sektor logistik, termasuk pengiriman last-mile, yaitu proses terakhir dalam pengiriman barang dari pusat logistik hingga ke tangan pelanggan, serta pengurangan limbah. Cainiao Box akan mampu menerima paket yang hendak dikirimkan dengan mengenali identitas wajah kurir ketika tidak ada orang di rumah.

Temperatur kotak pintar tersebut juga dapat disesuaikan melalui aplikasi ponsel ketika mengantar produk makanan yang perlu dikemas pada suhu tertentu. Robot ET Lab’s G Plus milik Cainiao (video) yang baru-baru ini diluncurkan, dilengkapi dengan sistem navigasi multi-sensor untuk pengiriman last-mile. Lab ini bertujuan untuk membuat G Plus diproduksi secara komersial pada akhir tahun ini.

Jaringan Global
Cainiao juga mengumumkan rencananya untuk membuka lima pusat logistik di Asia, Eropa, dan Timur Tengah demi meningkatkan kemampuan logistik global.

Lima kota yang menjadi pertimbangan Alibaba untuk membangun pusat logistik global adalah Dubai, Hangzhou, Kuala Lumpur, Liège (Belgia), dan Moskow.

Pusat logistik global ini akan menyediakan infrastruktur logistik yang ditingkatkan dalam skala yang lebih besar sehingga dapat memfasilitasi perdagangan yang lebih inklusif untuk bisnis kecil di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil untuk menjual produk mereka ke seluruh dunia dan meningkatkan pengalaman bertransaksi pelanggan menjadi lebih baik.

Cainiao sudah mengirimkan produk ke lebih dari 30 kota yang ada di enam negara dan wilayah dalam waktu lima hari. Tujuan dari pusat logistik tersebut adalah untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas pelayanan di lebih dari 100 kota dalam kurun waktu tiga tahun mendatang.

Hal ini menunjukkan sebuah peningkatan yang signifikan terhadap kehadiran Cainiao di pasar internasional. Misi utama Cainiao adalah untuk mengirimkan produk ke mana pun di seluruh dunia dalam waktu 72 jam.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year