telkomsel halo

Mastercard dorong perluasan teknologi chip

10:54:06 | 08 Feb 2018
Mastercard dorong perluasan teknologi chip
JAKARTA (IndoTelko)  - Mastercard akan mengharuskan beberapa upgrade layanan kartu dan terminal di Eropa, Amerika Latin, Asia Pasifik, Afrika dan Timur Tengah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan teknologi pembayaran dengan kartu contactless, bagi lebih banyak orang di lebih banyak lokasi di seluruh dunia.

Gerakan ini sekaligus menandakan bahwa setiap hari, setiap pemegang kartu di wilayah ini akan dapat melakukan tap (menempelkan) kartu atau device mereka untuk melakukan pembayaran.

Kecepatan dari pembayaran contactless, ditambah dengan otentikasi kelas EMV dinamis yang melindungi konsumen dari penipuan, telah mentransformasi aktivitas jual beli sehari-hari dan memberikan manfaat lebih bagi merchant dan konsumen. Teknologi ini juga akan membantu para penerbit kartu untuk meningkatkan penggunaan kartu dan menggantikan transaksi tunai, serta memungkinkan pemerintah untuk menerapkan teknologi ini pada keperluan spesifik seperti untuk transportasi publik di beberapa kota besar di seluruh dunia.

Saat ini, jutaan konsumen di lebih dari 8 juta lokasi di 111 negara telah dapat melakukan pembayaran hanya dengan menempelkan (tap) kartu mereka. Transaksi contactless di seluruh Asia Pasifik telah meningkat lebih dari 35% pada tahun 2017, dengan volume belanja yang meningkat lebih dari 40%.

Permintaan akan pembayaran contactless kini semakin meningkat dan bertumbuh, di mana 15% keseluruhan transaksi di toko secara global telah menggunakan teknologi ini.

Melihat adanya peluang untuk mempercepat penerapan teknologi ini, Mastercard membuat sebuah peta jalan yang mencakup beberapa hal di bawah ini:

· Setelah bulan Oktober 2018, seluruh mesin terminal penerimaan baru di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin dan Asia Pasifik akan menerapkan teknologi EMV chip dan contactless;

· Setelah bulan April 2019, seluruh kartu yang diterbitkan di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin dan Asia Pasifik akan menerapkan teknologi EMV chip dan contactless; dan

· Per bulan April 2023, seluruh terminal merchant di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin dan Asia Pasifik akan menerapkan teknologi EMV chip dan contactless.

“Kami memiliki visi untuk menciptakan sebuah dunia di mana setiap orang dapat dengan mudah, aman, dan cepat melakukan pembayaran di toko, hanya dengan menempelkan (tap) kartu maupun device mereka. Inisiatif ini menjadi sebuah langkah penting untuk mewujudkan pembayaran sehari-hari yang lebih konsisten, aman, dan cepat, sekaligus meletakan dasar-dasar untuk inovasi di masa depan,” kata Chief Security Solutions Officer, Mastercard Ajay Bhalla.

Bagi konsumen di kawasan Asia Pasifik yang ingin melakukan aktivitas pembayaran secara tap and go, teknologi pembayaran contactless dari Mastercard dapat dilakukan di toko, restoran cepat saji, apotek, supermarket dan convenience store, serta lokasi transit maupun taksi.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year