telkomsel halo

eCommerce bikin IKM naik kelas

06:47:11 | 23 Jun 2017
eCommerce bikin IKM naik kelas
JAKARTA (IndoTelko) – Kehadiran eCommerce bisa membuat pelaku industri kecil dan menengah (IKM) meningkatkan pendapatan dan jangkauan pasar dari produknya.

“Marketplace menjadikan terjadinya perluasan akses pasar IKM. Kami  telah membangun infrastruktur jaringan internet di setiap sentra-sentra IKM seluruh Indonesia untuk mendorong mereka terus mengembangkan produk kreativitasnya dan mengubah cara pemasaran menjadi lebih efesien,” papar Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam keterangannya, kemarin.

Guna memacu produktivitas dan daya saing IKM nasional, Kemenperin telah melakukan pembinaan melalui fasilitasi pelatihan dan pemberian bantuan mesin atau peralatan, serta memperkenalkan sarana digitalisasi IKMagar mampu mempromosikan produk lebih luas dan mudah dengan biaya yang efesien.

Kemenperin meluncurkan program e-smart IKM sebagai sistem database yang tersaji dalam profil industri, sentra, dan produk. E-smart IKM akan diintegrasikan dengan berbagai marketplace yang sudah ada sehingga dapat memberikan manfaat bagi perluasaan pasar IKM melalui promosi online.

E-smart IKM mengusung sembilan komoditas unggulan yang akan dikembangkan di marketplace antara lain, kosmetik, fashion, makanan, minuman, kerajinan, perhiasan, furniture, herbal dan produk logam.

Dalam aturan di perindustrian, industri menengah ini adalah industri yang investasinya Rp1-14 miliar, tenaga kerjanya 19 orang.

“Agar tidak mematikan IKM kita karena e-commerce, maka kami memfasilitasi mereka kerja sama dengan marketplace seperti bukalapak, blanja.com, blibli, lazada, dan tokopedia. Ini agar produk IKM dalam negeri diberi kesempatan untuk masuk marketplace sehingga bisa mempermudah ekspor,” katanya.(ak)  

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year