telkomsel halo

Lenovo ambisi menjadi pemain supercomputer terbesar

06:21:43 | 23 Jun 2017
Lenovo ambisi menjadi pemain supercomputer terbesar
NEW YORK (IndoTelko) – Lenovo mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pengembangan dan penerapan Supercomputer berbasis Intel generasi berikutnya yang terbesar di dunia, bertempat di Barcelona Supercomputing Center (BSC). 11.1 petaFLOP Supercomputer yang disebut MareNostrum 4 ini akan dipamerkan di “pusat data paling indah” di dunia, yaitu di Chapel Torre Girona di Universitas Politeknik Catalonia, Barcelona, Spanyol, dan akan digunakan untuk mendukung beragam ilmu -mulai dari riset genom manusia, bioinformatika dan biomekanik, sampai keperluan ramalan cuaca dan komposisi atmosfer.

Sistem baru yang akan terus tumbuh ini sudah terdaftar sebagai peringkat nomor 13 di daftar TOP500 (top500.org) yang dirilis kemarin.

“Pengantaran, instalasi, dan optimisasi yang cepat di sistem MareNostrum 4 yang ada di BSC mewakilkan kekuatan komputasi Lenovo yang menyeluruh dan berperforma tinggi,” kata President, Lenovo Data Center Group Kirk Skaugen dalam keterangannya, kemarin.

Dibangun di atas komputasi server x86  yang sudah berusia 25 tahun, dan posisi x86 sebagai nomor satu dalam hal kepuasan pelanggan dan reliabilitas, tujuan Lenovo adalah menjadi perusahaan supercomputing terbesar di dunia, yang dapat membantu menyelesaikan tantangan terbesar manusia, melalui kemajuan teknologi dan inovasi.

Sistem ini ditenagai oleh server Lenovo generasi berikutnya dengan lebih dari 3,400 noda, dilengkapi dengan prosesor Intel Xeon yang berskala, terinterkoneksi dengan kabel jaringan Intel Omni-Path Technology berkecepatan 100 Gb per detik, dengan panjang 60 kilometer dan berkecepatan tinggi.

Ini adalah sistem HPC terdepan ketiga yang telah dipasang Lenovo di Partnership for Advanced Computing in Europe atau PRACE, menjadikan Lenovo sebagai penyedia terbesar sistem HPC terdepan di komunitas ilmiah yang sangat berpengaruh, serta memantapkan posisi Lenovo sebagai perusahaan supercomputer dengan pertumbuhan tercepat di Eropa.

“Dari lab sampai pabrik, ke tim penerapan di lokasi, pengantaran sistem dengan ukuran dan kerumitan seperti ini membutuhkan tingkat integrasi dan kemampuan yang superior. Kegiatan ini harus fokus dalam memberikan pengalaman pelanggan yang holistik, di mana hanya segilintir perusahaan yang mampu melakukannya,” kata VP & GM, High Performance Computing and Artificial Intelligence di Lenovo Madhu Matta.  

Sejak debutnya di daftar Top500 tahun 2014, Lenovo telah menjadi vendor TOP500 dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Lenovo ada di peringkat kedua di TOP500 global dengan 92 produk. Lenovo ada di peringkat pertama di kategori supercomputing di Tiongkok, wilayah dengan pertumbuhan terbesar dan tercepat di dunia, mengklaim produk 50% lebih banyak dibanding pesaing terdekat.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year