telkomsel halo

Badan Siber Nasional menunggu kepastian pemerintah

05:28:11 | 01 Jun 2017
Badan Siber Nasional menunggu kepastian pemerintah
Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) – Pembentukan Badan Siber Nasional (Basinas) menunggu kepastian dari pemerintah.

“Badan Siber ini untuk memberikan perlindungan terhadap negara, bangsa dan rakyat. Sehingga sepakat kita perlu membentuknya. Hanya kami DPR ini sudah lama lebih dari setahun menunggu,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR TB. Hasanuddin, seperti dikutip dari DPR.go.id (31/5).

Diungkapkannya,  wacana pembentukan Badan Siber Nasional itu sudah cukup lama. Bahkan ketika jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM masih dijabat oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

“Embrio badan siber itu sudah ada. Misalnya di TNI ada, Lembaga Sandi Negara ada, Polri ada, Kominfo ada, termasuk di Kementerian dan Lembaga lain juga ada. Walaupun kriterianya masih kecil. Kan itu bisa dikompilasikan menjadi sebuah kekuatan untuk melakukan tugas-tugas kesiberan itu,” paparnya.

Menurutnya,  hingga kini,  Komisi I DPR belum mendapat kejelasan, kementerian atau lembaga mana saja yang terlibat dalam Badan Siber Nasional itu.

“Harapannya segera ada kejelasan dari pemerintah. Jika nantinya badan ini dibentuk, harus jelas struktur organisasi, visi dan misi, hingga fungsi dari masing-masing unit kerja yang ada. Mudah-mudahan segera ada kepastian dari Pemerintah. Kita juga berharap segera dikeluarkan sebuah peraturan, untuk segera bekerja,” harapnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year