telkomsel halo

Bisnis makin banyak beralih ke digital

12:38:48 | 07 May 2017
Bisnis makin banyak beralih ke digital
Aulia E Marinto (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  – Kegiatan perekonomian digital di Indonesia dari tahun ke tahun terus menunjukkan pertumbuhan positif.

Data Sensus Ekonomi 2016 dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan industri eCommerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir tumbuh sekitar 17% dengan total usaha mencapai 26,2 juta usaha.

Jumlah pemain bisnis eCommerce di Indonesia diperkirakan akan terus bertumbuh seiring semakin banyaknya perusahaan yang mulai mengembangkan usaha mereka ke ranah digital.

Bloomberg menyatakan pada 2020 lebih dari separuh penduduk Indonesia akan terlibat dalam kegiatan eCommerce.

Sementara itu, McKinsey dalam laporan bertajuk ‘Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity’ menyebutkan peralihan ke ranah digital akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga US$150 miliar pada 2025.

Hal ini akan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan eCommerce terbesar di dunia. Masifnya penggunaan telepon pintar juga menjadi salah satu faktor pendukung pertumbuhan industri eCommerce di Indonesia.

Laporan McKinsey menyatakan 73% pengguna Internet mengakses Internet melalui perangkat selular. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah dalam lima tahun ke depan.

“Kami sangat yakin bahwa pertumbuhan e-commerce di Indonesia akan terus bertumbuh. Prediksi dari berbagai institusi baik dari dalam maupun luar negeri mengkonfirmasikan keyakinan kami ini. Dari tahun ke tahun kami melihat semakin banyak pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun ritel, beralih atau mengembangkan usaha ke arah digital,” ujar Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association/Asosiasi eCommerce Indonesia (idEA) Aulia E. Marinto dalam keterangannya belum lama ini.

Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun mengatakan sebagai perusahaan ekonomi digital, Telkom Indonesia terus mendukung akselerasi ekonomi digital Indonesia. “Dengan infrastruktur kuat dan luas serta berbagai produk digital seperti blanja.com dan melon, Telkom hadir like never before untuk bersama-sama dengan perusahaan BUMN lain bersinergi meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital,” ujarnya.

Untuk mengakomodir masyarakat dan para pelaku usaha yang ingin menggali lebih jauh mengenai perkembangan industri e-commerce di Indonesia, idEA, dan Dyandra Promosindo akan kembali menggelar Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) 2017 pada 9 – 11 Mei 2017 di Indonesia Convention & Exhibition (ICE), BSD.

Kegiatan yang mengambil tema “Empowering the Digital Energy of Asia” mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.

Tahun ini, IESE akan menghadirkan 150 perusahaan dengan target pengunjung mencapai 5 ribu orang.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year