telkomsel halo

idEA siapkan sejumlah langkah strategis untuk kawal peta jalan eCommerce

10:01:12 | 11 Nov 2016
idEA siapkan sejumlah langkah strategis untuk kawal peta jalan eCommerce
Infografis peta jalan eCommerce oleh Kemenkoperekonomian
JAKARTA (IndoTelko) – Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) mengaku tengah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk mengawal implementasi peta jalan (road map) eCommerce yang diumumkan pada Kamis (10/11), kemarin.

“idEA sudah diinformasikan sebelumnya tentang pengumuman paket kebijakan ekonomi 14yang berisi tentang peta jalan eCommerce Indonesia. Kami langsung secara internal membahas langkah-langkah strategis dalam rangka implementasi peta jalan ini yang nanti dapat berupa regulasi baru atau deregulasi,” ungkap Ketua Umum idEA Aulia E Marinto kepada IndoTelko, Jumat (11/11).

Ditambahkannya, idEA mengapresiasi langkah pemerintah yang sudah memprioritaskan industri eCommerce sebagai salah satu kekuatan ekonomi Indonesia di masa depan. “Bagi idEA yang penting detail dari peta jalan ini. Ini yang harus dibahas oleh 8 kementrian terkait dengan melibatkan para pemangku kepentingan di eCommerce,” sarannya.

Diungkapkannya, salah satu yang menjadi perhatian idEA adalah Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik atau eCommerce yang merupakan turunan dari Undang-undang Perdagangan. (Baca: Roadmap eCommerce)

“Di RPP itu banyak isu krusial yang perlu dikawal dan harus sinkron dengan semangat peta jalan eCommerce,” tegasnya. (Baca: Regulasi eCommerce)

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan akan menerbitkan Peraturan Presiden tentang Peta Jalan eCommerce untuk mendorong perluasan dan peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia secara efisien dan terkoneksi secara global. (Baca: RPP eCommerce)

Peta jalan eCommerce ini diharapkan dapat mendorong kreasi, inovasi, dan invensi kegiatan ekonomi baru di kalangan generasi muda.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year