telkomsel halo

Ini alasan olahraga pagi dilakukan sebelum sarapan

11:58:23 | 20 Sep 2016
Ini alasan olahraga pagi dilakukan sebelum sarapan
Ilustrasi (Hellosehat)
JAKARTA (IndoTelko) – Sarapan dan olahraga pagi adalah kegiatan yang baik dalam menjaga kesehatan dan keduanya dapat mempengaruhi performa tubuh kita sepanjang hari.

Namun yang sering jadi dilema adalah, jika jadwal olahraga kita adalah di pagi hari, apakah kita harus sarapan dulu atau olahraga dulu?. Kali ini Hello Sehat (hellosehat.com) mengajak Anda  untuk mengetahui alasan mengapa olahraga pagi sebaiknya dilakukan sebelum sarapan.

Sarapan diperlukan untuk memenuhi asupan nutrisi setelah tubuh tidak mengonsumsi makanan selama kita tertidur, sedangkan untuk berolahraga, tubuh membutuhkan kalori untuk menghasilkan energi.

Dengan berolahraga setelah sarapan, tubuh akan memiliki kalori yang lebih untuk dibakar, namun tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan dengan sempurna sehingga langsung berolahraga tepat setelah makan juga tidak disarankan. Lalu bagaimanakah efeknya berolahraga pagi hari saat belum sarapan dan perut masih kosong?

Efek berolahraga  
Pada dasarnya, tubuh menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak dan memiliki mekanisme tersendiri untuk menyiapkan energi untuk beraktivitas, bahkan saat kita belum makan. Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan berolahraga sebelum sarapan aman untuk dilakukan.

Salah satunya adalah penelitian oleh Gonzalez pada tahun 2013 lalu yang menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak.

Jika kita ingin mengurangi lemak tubuh, maka tubuh harus menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, energi yang dibakar juga cenderung lebih banyak karena diperoleh dari cadangan makanan dalam tubuh yang sudah siap digunakan. Selain itu, peneliti juga menjelaskan, berolahraga pagi sebelum sarapan tidak akan membuat kita ingin makan makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari. Justru hal ini akan membuat sesi olahraga pagi lebih optimal.

Saat kita berolahraga sebelum makan, terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan. Dengan berolahraga sebelum sarapan, kita akan membantu tubuh untuk menyesuaikan produksi hormon insulin, sehingga setelah kita berolahraga dan mengonsumsi makanan, hormon insulin akan bekerja lebih sensitif dan membantu menyerap nutrisi dari makanan lebih baik dan menyalurkannya ke otot dan liver.

Kinerja hormon pertumbuhan juga menjadi lebih baik saat kita berolahraga saat pagi hari dan belum mengonsumsi makanan. Hormon pertumbuhan membantu pembentukan jaringan otot, membakar lemak, dan meningkatkan kesehatan tulang serta ketahanan fisik. Namun efek ini hanya akan optimal jika kita sudah mencukupi waktu tidur malam hari.

Tip aman

Baik olahraga dan sarapan adalah kegiatan yang dipengaruhi oleh kebiasaan, sehingga metode ini juga belum tentu sesuai dengan semua orang. Namun jika Anda ingin mencoba olahraga, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Persiapkan diri Anda – bangun pagi dipengaruhi oleh jam biologis dan waktu tidur, jadi jika Anda ingin berolahraga pagi, cukupilah kebutuhan waktu tidur malam sehingga tubuh siap untuk beraktivitas fisik saat pagi hari.

2. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan Anda – jenis olahraga yang dapat Anda lakukan bisa sesuai dengan keinginan atau yang biasanya Anda lakukan. Jika Anda baru memulai, cobalah dengan olahraga intensitas sedang seperti jalan pagi atau jogging.

3. Cukupilah kebutuhan air – minumlah sekitar setengah hingga satu liter air mineral atau minuman lainnya sebelum dan sesudah berolahraga. Disarankan bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan ini 2 atau 3 jam sebelum olahraga.

4. Berhenti bila lelah dan konsumsi makan kapanpun Anda suka – jika Anda merasa kelelahan dan merasa butuh makanan atau merasa lapar, berhentilah berolahraga untuk mencegah penurunan massa otot.

5. Cukupilah konsumsi nutrisi setelah berolahraga – hal ini perlu dilakukan dalam jangka waktu maksimal 45 menit setelah Anda berolahraga, baik jika Anda sudah sarapan maupun belum. Namun jangan hanya konsumsi karbohidrat, karena konsumsi proteinlah yang harus diperbanyak.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year