telkomsel halo

eCommerce akan menjadi penopang perekonomian negara G20

07:08:06 | 13 Jul 2016
eCommerce akan menjadi penopang perekonomian negara G20
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – eCommerce diyakini akan menjadi salah satu penopang perekonomian dari negara-negara yang tergabung dalam G20 dimasa mendatang.

Demikian salah satu hasil Trade Ministers Meeting G20 pada 9-10 Juli lalu di Shanghai, Tiongkok.

Negara G20 sepakat untuk mengintensifkan diskusi guna mengembangkan eCommerce di ranah global. Dukungan ini terlampir pada salah satu kesepakatan menteri perdagangan G20 yang disampaikan Menteri Perdagangan Tiongkok Gao Hucheng di Shanghai.

Diskusi yang dimaksudkan ini guna mengidentifikasi peluang dan tantangan yang dihadapi dalam pengembangan eCommerce. Tak hanya itu, hasil diskusi akan dikaitkan dengan kebijakan pola serta standar perdagangan global.

Kelompok negara dengan perekonomian besar di dunia ini juga berjanji akan mendukung pertumbuhan eCommerce di negara-negara berkembang. Tentu saja dengan tujuan agar sama-sama mendapatkan keuntungan dari eCommerce.

Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong menegaskan, Indonesia memiliki potensi terkait pekembangan eCommerce.

“Sumber daya manusia kita, sangat cepat mengadopsi teknologi informasi, mobile apps, dan lainnya, bukan hal sulit bagi masyarakat Indonesia. Jadi, saya optimistis dari segi penguasaan teknologi informasi, dunia digital kita tidak ketinggalan,” tuturnya. (Baca juga: Roadmap eCommerce)

Indonesia sendiri telah selesai menyusun peta jalan (Roadmap) eCommerce. Tujuh isu strategis yang dibahas dalam roadmap eCommerce adalah Logistik, Pendanaan, Perlindungan Konsumen, Infrastruktur Komunikasi, Pajak, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia, dan Cyber Security.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year