Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75

XL ingin Digital Services Berkontribusi ke Pendapatan

09:14:59 | 08 Apr 2016
XL ingin Digital Services Berkontribusi ke Pendapatan
Rafael Jeffry A. Sani (dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) optimistis layanan digital services bisa berkontribusi sekitar 6% bagi total pendapatan di tahun 2016.

“Sejauh ini Digital Services masih sesuai dengan peta  jalan yang dibuat beberapa tahun lalu. Kita optimistis bsia penuhi target-target yang ada di roadmap itu,” ungkap VP  Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani, kemarin.

Dalam roadmap yang dirancang empat tahun lalu, Digital Servcies diharapkan kontribusinya ke total pendapatan anak usaha Axiata pada 2015 sebesar 6%. Pada 2016 akan mencapai sekitar 7,5%, dan 2018 menjadi 8%. Pendapatan lini bisnis ini selama kuartal satu atau sampai akhir Maret 2016 sudah tembus Rp 123,95 miliar

Layanan digital services XL saat ini mencakup 7 portofolio besar meliputi digital entertainment, business innovation, digital payment, mobile advertising, cloud, internet of things (IOT), dan eCommerce.

Head Of IoT XL Axiata Arifa Febriyanti menambahkan, untuk segmen IoT, selama ini yang menjadi andalan adalah EDC dan AMR. Selain itu juga ada Yubox dan Savy yang diharapkan bisa berkontribusi sekitar 10% bagi bisnis IoT.

Yubox adalah solusi  yang menyediakan koneksi internet wifi plus konten hiburan berupa musik, video, games, serta aplikasi yang dapat diakses atau diunduh secara gratis. Saat ini  Yubox sedang di uji coba pada beberapa armada GrabCar dari Grab Indonesia.

Savvy Smarthome adalah solusi yang menghadirkan kenyamanan dan keamanan pada rumah tinggal. (Baca juga: Sejuta IoT dari XL)

HUT RI ke 75
Dengan mengandalkan sensor-sensor yang terintegrasi dengan aplikasi digital, sehingga memudahkan kita untuk memantau keadaan rumah. Saat ini, layanan inovatif ini sedang ujicoba di apartemen The Residence at Synthesis Square dan akan dikembangkan juga untuk Apartemen Bassura City.

telkom sigma
Sekilas, kedua produk ini mengingatkan pada WiFi.id dan Smarthome milik Telkom Group.(wn)

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan