Telkom Dukung Program Seribu Startup dengan Indigo.id

07:22:18 | 29 Mar 2016
Telkom Dukung Program Seribu Startup dengan Indigo.id
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) ikut berkontribusi dalam program pemerintah yang ingin mencetak seribu startup hingga 2020 dengan kegiatan Indigo Creative Nation (indigo.id).

Deputy EGM Coherence & Innovation Management, Digital Service Division Telkom Ery Punta Hendraswara menjelaskan, Indigo.id terinspirasi dari Silicon Valley yang menyebarkan semangat kolaborasi dan berbagi yang berasal dari komunitas untuk komunitas. (Baca juga: Seribu Startup)

“Penyempurnaan pembinaan perusahaan rintisan (start-up) melalui indigo.id diharapkan makin banyak melahirkan technopreneur baru yang memiliki semangat membangun perusahaan digital sehingga jangka panjangnya bisa mendorong kemajuan ekonomi digital di Indonesia,” katanya, kemarin.

Diungkapkannya, kendala yang dialami startup selama ini adalah soal inovasi, bisnis, dan teknis. Selain itu, pengembangan startup tidak bisa instan. “Tugas Telkom adalah mengantarkan start-up menuju jembatan kesuksesan,” ujarnya.

Telkom kembali membuka Indigo Creative Nation (indigo.id) yang mengusung tema, "Building Strong Indonesia Digitalpreneuer with Disruptive Mindset". Startup yang tertarik untuk bergabung  bisa mendaftar kapan saja sepanjang 2016.

Program serupa telah dikembangkan tahun 2015. Pada 2015, Telkom bersama anak usahanya, Metra Digital Investama (MDI) mengembangkan program inkubasi startup dengan sillicon valley mindset.

Dalam ajang ini, start-up yang berpartisipasi dapat bekerja sama dengan seluruh perusahaan di Telkom Group, bahkan memasuki pasar global melalui representatif Telkom Group International Office di 10 negara.

Ada enam kategori produk yang dapat dipilih oleh startup, yaitu City & Goverment Solution, Business Solution, Home Solution, Commerce, Personal Apps, dan Social Media & Community.

Startup yang terpilih, mendapat dukungan inkubasi selama tujuh bulan dan mendapatkan berbagai fasilitas, seperti akses pasar melalui channel pemasaran Telkom, pendampingan bisnis dan teknis oleh para mentor, serta pendanaan hingga Rp 250 juta per start-up. (Baca juga: Telkom dan Silicon Valley)

Selanjutnya, pendanaan itu memiliki opsi pendanaan lanjutan hingga Rp 2 miliar bagi start-up yang masuk ke tahap akselerasi. Telkom di tahun ini telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp 80 miliar untuk pembinaan startup melalui  Indigo Incubator.

Untuk pengembangan startup, Telkom menyiapkan dua arena yakni Telkom Digital Valey yang berlokasi di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Satunya lagi Telkom Digital Innovation Lounge di 13 kota.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories