8 Startup Lokal Tuntaskan Google Launchpad Accelerator

12:41:52 | 06 Mar 2016
8 Startup Lokal Tuntaskan Google Launchpad Accelerator
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Sebanyak delapan startup lokal telah menuntaskan keikutsertaannya di Google Launchpad Accelerator.

Delapan startup itu adalah eFishery, Jojonomic, Kakatu, Setipe.com, Kerjabilitas, Kurio, HarukaEdu, dan Seekmi. Delapan aplikasi lokal tersebut ‎telah menjalani bootcamp selama dua minggu di kantor pusat Google, Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Delapan aplikasi tersebut mendapat sokongan dana bebas ekuitas sebesar US$ 50 ribu. Rencananya sekitar US$ 25 ribu akan diberikan Google pada bulan ini, sementara sisanya menyusul pada Juni mendatang.

"Program ini menjadi salah satu upaya Google untuk melatih startup lokal di Indonesia," kata Developer Relations Program Manager Google Erica Hanson, belum lama ini.  

Ditambahkannya, selama empat tahun ke depan Google akan menjalin kerja sama dengan mitra di seluruh Indonesia dalam bentuk tiga program kerja. Google akan bermitra dengan perguruan tinggi dalam menjangkau pelajar berpotensi. Ada pula penerapan pengembangan aplikasi Android berkualitas tinggi dalam kurikulum di universitas selama satu semester.

Kemudian Google juga telah melakukan terjemahan bahasa indonesia untuk semua Kursus Udacity, yakni sebuah kursus online dengan para ahli dari tim Developer Relations Google sebagai pengajar‎. Kursus tersebut bisa diakses gratis melalui semua jenis handset.

Google juga melakukan upaya dengan memulai Indonesia Android Kejar (Kelompok Belajar) yang merupakan grup studi lebih intensif. Grup belajar ini dipimpin oleh fasilitator khusus. Google melaksanakannya di lima kota besar Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.(ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories