telkomsel halo

Interkoneksi eMoney untuk Jalan Toll Diharapkan Meningkat

08:30:56 | 27 Feb 2016
Interkoneksi eMoney untuk Jalan Toll Diharapkan Meningkat
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Penggunaan uang elektronik (eMoney) yang diterbitkan Himpunan Bank-Bank Milik Negara diharapkan terus meningkat ke seluruh ruas jalan tol.

“Pada akhir tahun ini diharapkan implementasi e-toll dapat mencapai di atas 50% dari seluruh ruas tol,” kata Senior Vice President Transaction Banking Retail Group Bank Mandiri Rahmat Broto Triaji, kemarin.

Dikatakannya, mulai pertengahan  Maret 2016 interkoneksi e-Toll terus digeber. "Rencananya pertengahan Maret sudah bisa diluncurkan di Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR). Nantinya, akan ada lima ruas tol yang terbuka aksesnya bagi seluruh eMoney bank BUMN. Selain JORR, ada juga jalan tol Jakarta - Tangerang," ujarnya.

Sebelumnya, empat bank BUMN sepakat bersinergi dalam pembayaran elektronik jalan tol melalui masing-masing layanan uang elektroniknya. Adapun keempat perbankan pelat merah tersebut, yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

Sebagai tahap awal, BRI dan BNI akan bergabung dengan Bank Mandiri yang sudah terlebih dahulu menggarap e-toll. Selanjutnya, akan menyusul BTN.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam pernah mengatakan  per Maret 2016, pemilik eMoney BRI sudah bisa menggunakannya di gerbang e-toll.  Setelah integrasi sistem bank BUMN, semua ruas tol di Jakarta diharapkan akan terintegrasi e-toll pada akhir tahun 2016. (Baca juga: Interkoneksi eToll)

Bakti
Interkoneksi eMoney untuk jalan toll pertama kali dibuka di Bali Mandara. Setelah itu diperluas ke  jalan tol ke bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year