telkomsel halo

Pembeli dan Penjual Antusias, Shopee Gratiskan Ongkir (lagi)

05:59:25 | 26 Feb 2016
Pembeli dan Penjual Antusias, Shopee Gratiskan Ongkir (lagi)
Gratis Ongkir Shopee (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Sebagai bentuk apresiasi terhadap antusiasme para penjual dan pembeli sejak layanan ini diluncurkan bersama JNE di awal Februari lalu, Shopee, aplikasi mobile marketplace pertama di Indonesia bagi konsumen-ke-konsumen (C2C) memperpanjang layanan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. 

Hal ini dilakukan pula sebagai kelanjutan misi Shopee untuk menjadi marketplace terbaik bagi para Usaha Kecil & Menengah (UKM) di Indonesia, terutama yang berada di pelosok.

Rainal Lu, Regional Managing Director Shopee mengungkapkan kegembiraannya karena sudah menjadi bagian penting dalam pengembangan dan kemajuan Usaha Kecil & Menengah (UKM) melalui program Gratis Ongkos Kirim selama bulan Februari. 

“Para UKM dari berbagai daerah Indonesia yang berjualan di Shopee merasakan dampak positif yang signifikan dalam bisnis mereka. Ada lebih dari 57.9 juta UKM di Indonesia dan tentu saja, kami ingin dan akan terus mendukung dan menjadi bagian dari milestone para UKM ini,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa sejak peluncuran program ini, Shopee mengalami pertumbuhan yang semakin kuat, “Di bulan Februari kemarin, pertumbuhan jumlah pengguna Shopee sangat pesat, baik penjual maupun pembeli. Di berbagai daerah, Shopee mencatat pertumbuhan jumlah pengguna sebesar dua kali lipat.

Dicontohkannya kota Yogyakarta.  Menurutnya, Yogyakarta mengalami kenaikan jumlah pengguna sebanyak 308%.  Sedangkan di berbagai daerah di luar Pulau Jawa, rata-rata pertumbuhannya lebih dari dua kali lipat.

Menurut Rainal, pertumbuhan tidak hanya dialami oleh Shopee, namun juga dirasakan oleh penjual. Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, penjual-penjual di Shopee yang ikut serta dalam program ini rata-rata mendapatkan pelanggan baru yang berasal lebih dari 170 Kabupaten di seluruh Indonesia dan juga peningkatan transaksi penjualan sebanyak 60%.

Diharapkan, dengan diperpanjangnya ongkos kirim, jumlah tersebut akan terus bertambah, sehingga lebih banyak lagi pengguna Shopee, baik penjual maupun pembeli, yang bisa terus merasakan manfaat ini. 

“Buat kami para penjual, program Gratis Ongkos Kirim dari Shopee memang membawa berkah banget. Di bulan Februari ini, saya dapat banyak sekali pembeli baru dari kira-kira 70 Kabupaten di Indonesia dan hasilnya penjualan saya naik sebanyak 10 kali lipat,” kata Jordan Atik Bawazier, pemilik toko @PakaianOnline di Shopee.

Menurut Jordan, banyak calon pembeli dari tempat jauh seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua yang biasanya jarang dan ragu-ragu untuk membeli. “Kini sebaliknya, justru saya memiliki banyak pelanggan di daerah-daerah tersebut. Ini juga pengalaman unik bagi saya, karena saya bisa berinteraksi dengan banyak pembeli baru dari berbagai daerah,” tambahnya. 

Diperpanjangnya program Gratis Ongkir ini, diharapkan semakin banyak UKM yang memutuskan untuk mulai berjualan online terutama karena Shopee menawarkan platform untuk berjualan online yang begitu mudah, aman dan praktis, dan juga keuntungan tambahan dari program Gratis Ongkos Kirim ke seluruh Indonesia. (sg)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year