telkomsel halo

Roadmap eCommerce akan Jamin Kesetaraan antar Pemain

10:23:21 | 10 Feb 2016
Roadmap eCommerce akan Jamin Kesetaraan antar Pemain
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah mengharapkan Roadmap eCommerce yang masuk tahap finalisasi bisa menjamin kesetaraan antar pemain lokal dan asing dalam bersaing.

“Dalam roadmap itu ada isu pembayaran pajak bagi pemain asing. Ini akan menjamin kesetaraan bagi pemain lokal. Salah satu keputusan Roadmap adalah para pemain asing akan dikenai pajak khusus,” ungkap Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Wayan Dipta, kemarin.

Dikatakannya, kehadiran Roadmap memang dibutuhkan agar terdapat aturan yang ideal antara pemain asing dan lokal. “Nanti dilihat saja kalau sudah diluncurkan secara resmi,” katanya.

Sekadar informasi, Roadmap eCommerce  telah dibahas sejak awal tahun 2015 oleh delapan kementerian dan lembaga setingkatnya.

Dalam dokumen ini membahas berbagai masalah yang harus dibenahi oleh para pelaku eCommerce, seperti pendanaan dan investasi, logistik, perpajakan, infrastruktur ICT, perlindungan konsumen dan perizinan.‬ (Baca juga: Pajak eCommerce)

Dokumen ini mengatur bisnis dari startup, Usahan Kecil dan Menengah (UKM), serta perusahaan yang sudah lama di pasar. (Baca juga: Roadmap eCommerce)

Kabarnya, aroma tarik menarik soal pengenaan pajak dan batas kepemilikan asing antar kementrian menjadikan roadmap eCommerce masih menggantung hingga sekarang. (Baca juga: DNI eCommerce)   

Sektor ekonomi digital Indonesia memang tengah banyak dilirik negara asing. Salah satunya Amerika Serikat. Bahkan,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertolak ke Amerika Serikat (AS) pada pekan depan membahas ekonomi digital dan inovasi ekonomi.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year