telkomsel halo

eCommerce di Indonesia akan Bergeser ke mCommerce

10:05:00 | 10 Feb 2016
eCommerce di Indonesia akan Bergeser ke mCommerce
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Indonesia sebagai negara pengguna layanan seluler diprediksi akan menjadi salah satu negara mobile commerce terbesar (mCommerce).

“Kalau tadinya masih bicara eCommerce, nanti akan mCommerce. Soalnya di Indonesia ini paling besar pengguna perangkat bergerak,” ungkap Pengamat eCommerce dari ITB Kun Arief Cahyantaro, kemarin.

Sinyal mCommerce akan besar di Indonesia bisa dilihat dari penetrasi seluler yang mencapai 121% dari populasi. Bandingkan dengan Asia Tenggara yang hanya 119% dari populasi. Sementara di global hanya 98% dari populasi.

"Prediksinya penggunaan mobile untuk commerce di Indonesai bisa sekitar 54,9% di Indonesia. Sisanya dengan komputer, laptop, dan lainnya,” katanya. (Baca juga: Ekosistem eCommerce)

Tantangan
Diungkapkannya, saat ini tantangan dari bisnis eCommerce terkait budaya beli masyarakat  masih menggunakan internet untuk melakukan perbandingan harga, sebelum mereka melakukan pembelian langsung di toko. Selain itu,  pembeli juga melakukan kriteria pencarian berdasarkan harga.

Tantangan lainnya adalah pada sistem pembayaran, di mana mayoritas pembeli Indonesia masih menggunakan metode transfer bank dan juga COD (cash on delivery).Berikutnya, berkaitan dengan keamanan data karena meningkatnya penyalahgunaan data pribadi seperti nomor telepon, email, alamat, sampai nomor rekening.

“Soal keamanan ini sangat penting. Tren akan berubah dengan cepat, para pemain harus selalu berada di atas tren yang diperkirakan, terutama di isu keamanan,” tutupnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year