telkomsel halo

Pemerintah Dorong eCommerce Swa Sertifikasi

14:48:36 | 22 Jan 2016
Pemerintah Dorong eCommerce Swa Sertifikasi
Rudiantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku tak berminat melakukan sertifikasi terhadap pemain eCommerce.

“Kita tak mau ribet untuk pemain eCommerce. Pelaku usaha cukup daftar atau akreditasi saja ke Kemenkominfo, tidak perlu sampai sertifikasi. Nanti untuk sertifikasi didorong oleh asosiasi saja alias swa sertifikasi,” ungkap Menkomiinfo Rudiantara, kala membuka acara 5 Minutes for E-Commerce, Jakarta, Jumat (22/1).

Menurutnya, pemerintah dalam mendorong eCommerce mengambil posisi membuat kebijakan strategis dan tak masuk ke teknis bisnis. “Kita pilih light touch regulation. Nanti lihat saja di road map eCommerce,” katanya.

Diungkapkannya, ada tiga poin besar pada roadmap eCommerce yang bakal terbit akhir Januari 2016. Pertama soal pendanaan. Kedua, seputar pajak. Terakhir, pembuatan national payment gateway agar lebih efisien bagi masyarakat ketika transaksi.

Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Daniel Tumiwa, mengaku gembira perhatian pemerintah besar ke sektor eCommerce.  "Tahun 2016 ini benar-benar jadi tahun istimewa eCommerce,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini idEA sedang mencari cara agar pemain lokal bisa tetap bertahan melalui sejumlah aturan harus sudah disesuaikan dengan kebutuhan industry. Misalnya,  standar SNI di perdagangan dan perlindungan konsumen.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year