telkomsel halo

Tiga Portal Ini Sangat Akrab di Pengguna eCommerce

07:08:38 | 07 Dec 2015
Tiga Portal Ini Sangat Akrab di Pengguna eCommerce
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Tiga portal eCommerce, Tokopedia, Olx.co.id, dan Lazada, dianggap sangat familiar di kalangan penjual dan pembeli online di Indonesia.

Demikian salah satu hasil data Proliferasi eCommerce yang dilakukan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di 18 kota dengan melakukan survei online dan wawancara pada 2.312 responden yang terdiri atas pembeli perorangan, pembeli berbadan hukum, penjual perorangan, dan penjual berbadan hukum.

“Kalau dari hasil survei, tiga portal di atas yang familiar di penjual dan pembeli. Hanya komposisinya berbeda di mata penjual dan pembeli,” ungkap Direktur e-Business Ditjen Aptika Azhar Hasyim, belum lama ini.

Di mata penjual, Tokopedia yang paling familiar (24,7%), disusul Olx.co.id (21,6%), dan Lazada (16,8%). Sementara di mata responden pembeli portal yang familiar adalah Olx.co.id (23%), disusul Tokopedia (21,3%), dan Lazada (18,2%).

Dari survei terlihat rata-rata penjual mengenal belanja online lebih dari setahun (37%), sekitar setahun hingga tiga tahun (37%), tiga hingga lima tahun (14%), dan lebih dari lima tahun (11%).

Sementara para pembeli telah terbiasa berbelanja online lebih dari setahun (13%), satu hingga tiga tahun (35%), tiga hingga lima tahun (26%), dan lebih dari lima tahun (27%). Para penjual dan pembeli dominan mencari produk (74%), dan sisanya jasa.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year