telkomsel halo

Indosat Saingi Telkom Urusan Digital di Perpustakaan

08:21:24 | 13 Nov 2015
Indosat Saingi Telkom Urusan Digital di Perpustakaan
Alexander Rusli (kedua kanan) kala seremoni Cipika Bookmate (dok/ISAT)
JAKARTA (IndoTelko) – Langkah Telkom melakukan upaya digitalisasi taman bacaan atau perpustakaan di Tanah Air tak sendiri lagi.

Jika Telkom melalui Divisi Business Services (DBS) ikut mendukung program transformasi 550 Perpustakaan Umum di 99 Kabupaten dan 451 Desa menjadi pusat belajar masyarakat berbasis IT dengan Program yang dikenal Perpustakaan Seru (PERPUSERU). (Baca juga: Telkom Dukung Perpuseru)

Indosat memilih cara lain, yakni memberikan donasi berlangganan Cipika Bookmate selama satu tahun kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Indonesia Menyala.

Donasi ini merupakan bentuk dukungan Indosat  terhadap Hari Gerakan Membaca Nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dukungan ini juga sekaligus sebagai upaya Indosat untuk mengoptimalkan manfaat teknologi digital untuk mendorong dan meningkatkan hobi  membaca di kalangan masyarakat dan generasi muda Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Indosat juga mengumumkan kerjasama dengan Aksaramaya melalui aplikasi MOCO dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Aplikasi MOCO merupakan salah satu aplikasi karya anak bangsa yang juga menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

“Membaca adalah kunci untuk membuka jendela dunia. Indosat sebagai perusahaan digital telco, ingin memperkenalkan cara baru membaca buku secara mobile melalui Cipika Bookmate. Kami berharap dengan semakin mudahnya membaca buku secara digital, masyarakat Indonesia akan lebih banyak mendapatkan informasi dan pengetahuan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan,” ujar President Director & CEO Indosat Alexander Rusli, kemarin.

Dikatakannya, Indosat memberikan berlangganan Cipika Bookmate secara gratis bagi 200 taman bacaan atau perpustakaan selama 1 tahun untuk anggota Taman Baca Masyarakat yang merupakan bagian dari “Gerakan Indonesia Membaca”.

Gerakan yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini, membagikan buku secara simbolis kepada para lembaga atau organisasi penyelenggara program Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat serta satuan pendidikan nonformal lainnya, untuk selanjutnya digunakan mendorong minat baca.   

Selain itu, Indosat juga memberikan secara gratis Cipika Bookmate bagi 100 pengguna selama satu tahun untuk Indonesia Menyala, gerakan meningkatkan minat baca yang awalnya diinisiasi oleh para relawan untuk mendukung kegiatan Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar di daerah penempatannya.  

Taman Baca Indonesia Menyala saat ini sudah tersebar di beberapa kota dan kabupaten, berfokus untuk memersuasi anak-anak agar mau lebih sering membaca dan meningkatkan keterlibatan multiaktor agar minat baca anak semakin membudaya di masyarakat.

Cipika Bookmate adalah layanan aplikasi buku digital pertama di Indonesia yang menyajikan konsep berlangganan layaknya perpustakaan dengan membayar satu kali dan bisa membaca sepuasnya.

Pelanggan bebas membaca buku apa saja yang tersedia di dalam CipikaBookmate dengan total 500 ribu judul internasional dan 4 ribu judul lokal, melalui ponsel maupun desktop meskipun tanpa koneksi internet.

Pada penyelenggaraan layanan buku digital, Cipika berkolaborasi dengan platform international yang dikelola oleh Bookmate. Aplikasi Bookmate sendiri sudah digunakan di beberapa negara di dunia dan lebih dari 9 bahasa.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year