telkomsel halo

Gandeng APPSI, Indosat ingin Goyang Posisi Telkom di UKM

06:11:23 | 03 Okt 2015
Gandeng APPSI, Indosat ingin Goyang Posisi Telkom di UKM
Alexander Rusli, (dua dari kanan), Sandiaga Uno, (paling kanan), dan Supriyatno, Ketua APPSI (paling kiri) setelah penandatanganan MoU, Jumat (2/10) (dok.Isat).

JAKARTA (IndoTelko) – Pasar teknologi informasi (TI) bagi segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tengah berkembang menjadi ajang pertempuran baru bagi operator telekomunikasi di tanah air.

Posisi Telkom sebagai jawara di segmen ini mulai dikepung oleh pemain seperti XL Axiata dan Indosat. Jika XL Axiata baru saja memperkenalkan solusi pembayaran berbasis Internet of Things (IoT) dengan XL Pay Point, kali ini Indosat mengambil langkah berani dengan menggandeng Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).

Asosiasi ini memiliki sekitar 12 juta pedagang pasar. Strategi ini seperti meniru aksi Telkom yang telah berkeringat membangun Kampung UKM Digital dengan mendekati sentra-sentra pelaku usaha demi mencuil cuan dari bisnis TI untuk segmen usaha kecil.

“Kami terus mendukung program pemerintah dalam memperluas akses internet, terutama untuk mendukung kegiatan ekonomi. Kami berharap internet.org yang kami hadirkan melalui kerjasama dengan APPSI akan memudahkan para pedagang  pasar dalam memperoleh informasi dan mendukung kegiatan perdagangan,” ungkap President Director & CEO Indosat Alexander Rusli di Jakarta, Jumat (2/10).

Dikatakannya, dengan adanya internet.org para pedagang pasar di Indonesia dapat memperoleh kemudahan dalam mengakses berbagai informasi lainnya seperti berita umum, info kesehatan, info lapangan pekerjaan, info pendidikan, info layanan publik, dan ke depannya info harga komoditas pokok harian, dimana informasi tersebut dapat membantu pedagang pasar di Indonesia dalam memonitor harga komoditas.

“Kerjasama ini menjadi cara terbaik   memanfaatkan teknologi sebagai sarana yang dapat memberdayakan lebih dari 12 juta pedagang pasar tradisional sehingga mereka dapat menjadi lebih efisien dan mencapai kinerja yang lebih baik,” kata Board of Advisor APPSI Sandiaga Uno.

Ketua APPSI Supriyatno mengharapkan kerjasama ini akan membantu upaya asosiasi untuk terus berjuang meningkatkan daya saing dan kesejahteraan para pedagang pasar.

Internet.org adalah sebuah inisiatif dari Facebook yang bertujuan untuk membuat akses iInternet tersedia bagi dua pertiga populasi dunia yang belum terhubung dengan internet.

Di Indonesia, Indosat adalah operator pertama yang menyediakan akses internet mudah tanpa pulsa bagi masyarakat Indonesia. Indosat menyediakan akses internet tanpa pulsa melalui layanan internet.org baik untuk pelanggan IM3 & Mentari (prabayar) maupun pelanggan Matrix (paskabayar).(wn)

 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year