telkomsel halo

Kresna akan Akuisisi Dua Startup Singapura

09:14:05 | 14 Sep 2015
Kresna akan Akuisisi Dua Startup Singapura
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) terus memperkuat portfolio di bisnis teknologi informasi dengan berencana membeli sejumlah saham dari dua perusahaan rintisan yang berbasis di Singapura.

Direktur Utama Kresna Graha Investama Michael Steven mengungkapkan aksi akuisisi  akan dilakukan melalui anak usaha perusahaan yang baru didirikan, yakni PT Kresna Usaha Kreatif yang khusus mengelola bisnis eCommerce.

Kedua startup kelas menengah yang akan dibeli sahamnya adalah MDAQ Pte Ltd dan DominoPos Pte Ltd. MDAQ merupakan perusahaann teknologi keuangan, sedangkan DominoPos bergerak di bisnis software development for mobile payment dan CRM domain.

“Belum bisa diberitahu berapa nilai dan sahamnya, tapi tidak akan besar. Kemungkinan, saham yang akan dibeli dari MDAQ sekitar 20% atau di bawahnya,” kata Michael belum lama ini.

Dijelaskannya, teknologi MDAQ bisa digunakan di pasar modal lantaran memungkinkan investor asing yang berinvestasi di Indonesia bisa membeli saham dengan mata uang masing-masing negara. Hal ini lantaran investor bisa langsung mengetahui harga saham yang bersangkutan dengan harga mata uang masing-masing.

Australian Stock Exchange (ASX) sudah menggunakan teknologi ini. Rencananya perseroan akan menawarkan teknologi ini kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Diperkirakan, pembelian saham kedua perusahaan itu akan rampung satu hingga dua bulan mendatang.

Sebelumnya, Kresna mengakuisisi saham PT Indonesia Persada Gemilang yang ada di PT Digital Artha Media. PT Digital Artha Media bergerak di bidang solusi pembayaran, antara lain e-payment (e-cash). Akuisisi bertujuan menjalankan diversifikasi usaha dari Kresna Graha Investama sebagai perusahaan investasi. (Baca juga: Kresna akuisisi perusahaan solusi pembayaran)

Nilai transaksi akuisisi tersebut kurang dari 20% dari ekuitas Kresna Graha Investama (KREN). Sumber dana berasal dari kas internal dan atau sumber lainnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year