telkomsel halo

Pasar Tablet di Indonesia masih Bergairah

16:04:00 | 04 Aug 2015
Pasar Tablet di Indonesia masih Bergairah
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Pasar tablet di Indonesia masih bergairah dan diperkirakan tumbuh sekitar 8% hingga akhir 2015.

"Untuk kuartal kedua tahun ini, penjualan tablet kembali pulih dengan angka 1,5 juta unit atau sama dengan kuartal empat 2014. Ini pertumbuhan yang besar," ungkap Manajer Riset IDC Indonesia, Michael Edward, kemarin.

Diungkapkannya, pada awal tahun ini, penjualan tablet sempat turun akibat lesunya daya beli masyarakat pada kuartal pertama.
“Mulai naik kala Lebaran lalu. Masyarakat banyak yang membeli  tablet sebelum Lebaran," ujar Michael.

Dijelaskannya,  ukuran tablet terpopuler di Indonesia dengan bentang layar 7 inci karena bisa melakukan banyak hal seperti bermain game, bekerja dan menonton film.

“Dirilisnya Windows 10 akan bisa mendongkrak penjualan tablet meskipun jumlahnya kecil. Nantinya lebih banyak yang mencari perangkat tablet 2 in 1 yang dilengkapi docking keyboard," tuturnya.

Product Manager Advan, Yakobus mengaku tak akan melepas potensi pasar yang ditawarkan produk tablet dengan menargetkan menjual 3,5 juta unit tablet. Advan akan mengeluarkan 10 tipe tablet. Terbaru, Advan merilis Vandroid X7 dengan target penjualan 50 ribu unit tablet per bulannya.

Berdasarkan data dari IDC, Advan merupakan pemimpin pasar perangkat tablet di Indonesia, sekaligus terbesar ke-2 di kawasan Asia Pasifik.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year