telkomsel halo

Indonesia-Inggris Kerjasama Satelit untuk Kemaritiman

11:20:48 | 29 Jul 2015
Indonesia-Inggris Kerjasama Satelit untuk Kemaritiman
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Indonesia dan Inggris berencana membangun satelit mikro untuk kegiatan di bidang kemaritiman.

Dalam keterangan tertulisnya dinyatakan  pembahasan rencana tersebut tertuang dalam lokakarya tentang penerapan teknologi ruang angkasa untuk kemaritiman.

Lokakarya yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Indroyono Soesilo itu turut dihadiri Menteri Energi dan Perubahan Iklim Inggris Amber Rudd, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, serta Kepala Balitbang Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Achmad Poernomo.

"Setelah perjanjian kerja sama ditandatangani, maka akan segera dibentuk Forum Kemaritiman Indonesia-Inggris dan hasil lokakarya akan ditindaklanjuti di dalam forum tersebut," kata Indroyono.

Ditegaskannya,  kesepakatan kedua negara berkaitan dengan kerja sama Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan Pasca 2015 yang memerlukan pemanfaatan teknologi ruang angkasa. (Baca juga: Pemerintah tarik slot Aces)

Sementara itu, Kabalitbang Kelautan dan Perikanan KKP Achmad Poernomo mengatakan penerapan satelit penginderaan jauh akan dimanfaatkan untuk sektor perikanan.

Lokakarya yang digelar di Jakarta, Selasa, (28/7) itu dihadiri sejumlah pakar dan industrialis Inggris. Pembicara dari pihak Inggris antara lain Badan Ruang Angkasa Inggris, Airbus, Inmarsat, SSTL dan SatApp Chatapult.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year