telkomsel halo

Apple Kaji Rilis e-Sim Card, Saham Gemalto Meriang

09:20:28 | 17 Jul 2015
Apple Kaji Rilis e-Sim Card, Saham Gemalto Meriang
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Saham milik produsen SIM Card, Gemalto, sempat meriang beberapa hari belakangan karena Apple dikabarkan ingin merilis e-SIM Card tak lama lagi.  

Dikutip dari Reuters (16/7), kabarnya Apple dan Samsung tengah berdiskusi dengan sejumlah operator besar di global untuk merilis e-Sim card.

Sontak saham Gemalto meriang dengan turun 5,1% dibawah performanya 0,9% di bursa saham Amsterdam. Saham Gemalto sendiri awal tahun ini telah terpukul karena kinerja yang tak menggembirakan di 2014 lalu.

Gemalto adalah produsen kartu SIM terbesar di dunia dan menguasai sekitar 28,6% pangsa pasar. Perusahaan ini berbasis di Belanda dan menjadi pemasok untuk sejumlah operator seluler kenamaan termasuk Verizon, AT & T, T-Mobile, Sprint, serta 450 operator seluler lainnya ke 85 negara. (Baca juga: SIM Card Gemalto Dibobol)

Pada Maret lalu perusahaan ini diterpa isu tak sedap yakni produk yang dikeluarkannya dibobol keamanannya oleh National Security Agency (NSA) dan Government Communication Headquarter (GCHQ).

Di Indonesia, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan XL, Tri Indonesia, Telkomsel, dan Indosat menggunakan produk Gemalto untuk SIM Card.

Tetapi, semua operator itutidak menemukan adanya kebocoran pada SIM Card dan menjamin penyedia SIM Card yang digunakan telah memenuhi GSM Security Standard.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year