telkomsel halo

Aplikasi Gratis di Android Sedot Data Pribadi?

13:08:30 | 09 May 2015
Aplikasi Gratis di Android Sedot Data Pribadi?
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Sebuah penelitian yang dilakukan di Perancis mengungkapkan aplikasi gratis di Android ternyata menyedot data data pribadi pengguna dan diberikan kepada pengiklan.

Dikutip dari CellularNews belum lama ini, banyak aplikasi yang dianggap gratis di Android sebenarnya dibiayai oleh pengiklan. Imbal dari pendanaan itu adalah data pribadi  diserahkan ke pengiklan dimana pengguna menyadari hal itu sepenuhnya.

Namun, banyak pihak menyorot, jika aplikasi terlau dalam menyedot informasi dari pengguna harus ada aturan yang jelas diberlakukan oleh pengelola toko virtual.

Penelitian ini dilakukan terhadap sekitar 20 ribu aplikasi gratis di Google Play, dimana data pribadi bisa terkirim secara otomoatis oleh aplikasi. Kebanyakan data dikirim ke beberapa layanan pengiklanan dimana aplikasi iklan digital milik Google paling banyak mendominasi.

Sedangkan sekitar 10% dari aplikasi mengirimkan data ke sekitar 500 layanan dan satu aplikasi mengirimkan ke lebih dari 2 ribu situs. Ada juga sepertiga dari aplikasi gratis menanamkan tracking ke situs mana saja pelanggan menjelajah di dunia maya. Masih mau menggunakan aplikasi gratis? (pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year