Paket rumah ceria
Paket rumah ceria
NeuAPIX
telkomsel halo

Transaksi eCommerce Didorong dengan Domain Lokal

09:29:45 | 23 Mar 2015
 Transaksi eCommerce Didorong dengan Domain Lokal
Rudiantara (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)  - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendorong transaksi eCommerce menggunakan domain lokal untuk memberikan kepastian dan kenyamanan bagi pelanggan.

“Minimal kalau pakai domain co.id atau .id itu harus berbentuk badan usaha di Indonesia. Jadi, dari sisi kepastian dengan siapa berurusan itu lebih jelas,” kata Rudiantara, pekan lalu.

Menurutnya, saat ini masyarakat Indonesia lebih memilih situs asing atau berbasis .com untuk bertransaksi.

“Saya mencontohkan orang Jakarta ingin wisata ke Belitung. Dia pesan tiket lewat Agoda atau booking.com. Perusahaannya tak ada di Indonesia,  bagaimana pemerintah bisa menarik pemasukan dari mereka. Ini alasannya kita dorong transaksi atau membuka domain lokal,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah juga sedang menyusun regulasi e-commerce baru di Indonesia  dalam sebuah road map yang disusun selama tiga sampai enam bulan ke depan. Di tahun lalu, transaksi online di Indonesia memiliki nilai besar, yakni US$ 12 miliar.  

Diperkirakan nilai transaksi masyarakat Indonesia ke website asing yang belum berkantor di Indonesia diperkirakan berada pada angka 25%-30%.(wn) 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
BEI suspensi saham TiPhone